Cara Daftar Investasi Koinwors

  • 4 min read
  • Jan 21, 2020

Petunjuk Pendaftaran dan Memulai Investasi di KoinWorks

Sebagai salah satu pionir fintech landing yang ada di Indonesia, Koinworks sudah cukup banyak digunakan para investor bahkan investor pemula sekalipun. KoinWorks sudah memberikan pengalaman terbaik untuk para penggunanya. Bagi Anda yang ingin bergabung dan investasi di KoinWorks, ini cara yang bisa Anda lakukan!

Cara Daftar di KoinWorks

1. Buat Akun

Untuk bisa memulai investasi, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat akun terlebih dulu. Anda bisa membuka laman KoinWorks dan klik Daftar pada halaman tersebut. Nantinya, akan ada dua formulir yang harus Anda isi. Pertama adalah formulir keterangan log in Anda.

Data ini nantinya akan berfungsi sebagai keterangan log in yang Anda lakukan di dashboard Pendana. Sedangkan formulir kedua adalah berisi keterangan pribadi Anda. Ingat, isilah keterangan ini selengkap-lengkapnya dan benar. Jangan lupa untuk siapkan KTP dalam bentuk yang sudah di-scan sebagai bukti.

2. Konfirmasi Email

Jika Anda sudah mengisi semua data yang diperlukan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah konfirmasi email. Keterangan konfirmasi akan dikirimkan via alamat email Anda yang berguna untuk mengkonfirmasi data yang sudah Anda masukkan sebelumnya.

3. Verifikasi Data

Jika Anda sudah melakukan konfirmasi, maka KoinWorks akan melakukan verifikasi data Anda. Di Tahap ini, Anda harus menunggu lebih dulu. Biasanya, waktu tunggunya adalah sekitar 1 jam. Bila Anda mendaftar di akhir pekan, biasanya waktu tunggunya akan lebih lama karena hitungannya adalah hari kerja.

4. Login

Jika sudah mendaftar dan verifikasi data berhasil, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah log in di dashboard akun Pendana Anda di KoinWorks. Dengan sudah log in, maka Anda sudah resmi bergabung sebagai pendana di sini.

5. Deposit Dana

Untuk menjadi pendana, tentunya Anda harus melakukan deposit dana terlebih dulu. Anda bisa melakukannya melalui transfer bank ke rekening yang tertera di dashboard. Sebelumnya, masuklah ke halaman Deposit lebih dulu dan lakukan deposit melalui bank sesuai dengan preferensi Anda.

Cara Memulai Investasi di KoinWorks untuk Dapatkan Keuntungan

1. Daftar di KoinWorks

Untuk memulai investasi, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah daftar di KoinWorks lebih dulu. Untuk cara lengkapnya, Anda bisa membaca langkah lengkapnya seperti yang sudah tertera di atas. Ingat, isikan data Anda secara lengkap dan benar ke dalam masing-masing kolom yang tersedia agar Anda lulus verifikasi.

2. Lakukan Deposit Dana

Hal lain yang harus Anda lakukan bila ingin berinvestasi di KoinWorks adalah melakukan deposit dana. Deposit dana di KoinWorks cukup mudah dilakukan. Anda hanya perlu mengklik ikon Deposit dan pilih metode yang diinginkan. Salah satunya adalah melalui transfer bank.

Deposit dana untuk berinvestasi di KoinWorks cukup mudah. Anda bisa mulai melakukan pendanaan atau investasi hanya dengan memulai deposit dana Rp100.000,- saja. Jumlah yang cukup kecil untuk memulai investasi, kan?

3. Mulai Melakukan Pendanaan

Langkah selanjutnya adalah Anda bisa mulai melakukan pendanaan setelah deposit masuk. Anda bisa mengalokasikan dana investasi ke banyak peminjam sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena banyak sekali peminjam yang ada di Koinworks, ada baiknya Anda menelusuri dulu bagaimana riwayat peminjam dengan mengklik Telusur pada kolom Koinworks.

4. Diversifikasi

Anda tentunya menginginkan untuk yang besar dari investasi yang dilakukan, kan? Kalau iya, ada baiknya Anda tak meminjamkan dana pada satu peminjam saja. Cobalah terapkan diversifikasi investasi. Cara ini memungkinkan Anda untuk meminjamkan uang pada banyak peminjam sekaligus dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Dengan melakukan diversifikasi, sebenarnya Anda juga memuat citra portofolio Anda menjadi lebih baik. Dalam hal ini, keuntungan dan risiko yang bisa Anda dapatkan juga berbeda-beda. Bila ada peminjam yang gagal bayar, maka setidaknya kerugian bisa ditutup dengan keuntungan yang didapat dari peminjam yang lain.

Ada baiknya Anda menggunakan diversifikasi ini ke beragam suku bunga dan grade. Di KoinWorks, Anda bisa menemukan beberapa grade bunga. Ada grade A hingga E yang mana grade E, D dan E memiliki bunga paling tinggi dan berisiko gagal bayar cukup besar. Sedangkan yang paling aman adalah grade B dan A dengan bunga standar.

5. Investasikan Kembali Bunga yang Didapat

Bila Anda ingin dapat keuntungan yang lebih besar, ada baiknya Anda tidak buru-buru menarik bunga yang Anda dapatkan. Investasikanlah kembali yang sudah Anda dapatkan agar Anda mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Sebagai Pilihan kamu yang pasti, kamu bisa investasi tanah dan membangun villa untuk di Sewakan di Aribnb.

FAQ Seputar KoinWorks

Siapa saja yang bisa bergabung sebagai pendana di KoinWorks?

Bila bertanya soal siapa saja yang bisa bergabung sebagai pendana di KoinWorks, jawabannya sebenarnya siapa saja bisa. Asalkan ia sudah berusia minimal 17 tahun dan tinggal di Indonesia serta tunduk pada peraturan yang berlaku di Indonesia, maka semuanya bisa. Walaupun Anda berada di luar Jabodetabek, Anda tetap bisa melakukannya.

Apakah dana Anda di KoinWorks aman?

Tenang saja, dana yang sudah Anda depositkan di Koinworks akan tetap aman. KoinWorks hanya akan melakukan transaksi sesuai dengan instruksi lender di platform saja sehingga tidak akan menggunakannya tanpa sepengetahuan Anda.

Siapa saja yang bisa pinjam dana dari Anda?

Anda bisa meminjamkan dana yang didepositokan untuk siapa saja yang Anda inginkan. Bisa juga ke bisnis mana saja yang Anda inginkan. Tentu saja, para peminjam juga harus tergabung di KoinWorks lebih dulu dan bertujuan menggunakan dananya untuk kebutuhan membangun.
Maksud membangun di sini adalah untuk mengembangkan bisnis, memperbaiki kondisi keuangan, pendidikan hingga kesehatan. Semua peminjam sebelum mendapatkan dana juga akan melewati beberapa proses evaluasi dan validasi data terlebih dulu sehingga akan aman untuk si pendana saat meminjamkan dananya.

Bagaimana bila peminjam gagal bayar?

Gagal bayar adalah apabila peminjam tidak membayar cicilan beberapa kali dan tidak ada itikad untuk melanjutkan cicilan. Kondisi ini baru akan terjadi apabila pembayaran pinjaman sudah terlambat lebih dari 90 hari dan bisa juga terjadi karena peminjam menolak untuk membayar.
Kalau hal ini terjadi, maka pihak penagihan dari KoinWorks akan mencoba melakukan penagihan pembayaran dengan menggunakan cara terbaik dalam industri keuangan. Tentu saja, semuanya sudah diatur dalam hukum negara.

Kapan bisa mendapatkan pembayaran dari pinjaman?

Tenang saja, Anda akan mendapatkan pembayaran untuk dana yang Anda pinjaman setiap bulannya. Dana yang tersedia bisa Anda cairkan lewat dashboard pendana. Nantinya, setelah Anda melakukan penarikan, dana akan dikirimkan langsung ke rekening Anda.

Berapa bunga pinjaman yang bisa saya dapatkan?

Pinjaman di KoinWorks terbagi dalam beberapa grade bunga. Untuk itu, dimohon perhatiannya untuk Anda membagi dalam beberapa kelompok untuk pendanaan yang dilakukan. Untuk bunganya terbagi dalam grade A, B, C, D dan E. Grade memiliki bunga sebesar 15 hingga 19%. B sebesar 19 hingga 24% dan tentunya saja E yang paling besar.
Nah, bagaimana? Apa Anda tertarik untuk berinvestasi di KoinWorks? Cara memulai investasi ini cukup mudah. Hal yang harus Anda lakukan lebih dulu adalah mendaftar lebih dulu. Cara mendaftarnya pun mudah. Tak perlu lama pula untuk melakukannya.

× Ada yang bisa saya bantu?