Bilik Sterilisasi

  • 5 min read
  • Apr 02, 2020

Mengenal Bilik Sterilisasi Desinfektan sebagai Senjata Melawan Virus

Pandemi Virus menjadi musuh yang harus kita hadapi bersama. Berbagai negara di dunia bekerja sama menyudahi penyebaran virus ini. Berbagai upaya telah dilakukan untuk memutus rantai penularan Virus. Salah satunya adalah dengan menggunakan bilik sterilisasi. Berikut penjelasan lengkap tentang bilik sterilisasi.

Pengertian Bilik Sterilisasi Desinfektan

Bilik sterilisasi Deinfektan merupakan sebuah ruangan kecil yang digunakan untuk sterilisasi. Sterilisasi merupakan sebuah tindakan untuk menghilangkan serta membunuh mikroorganisme termasuk virus dan bakteri yang menempel di suatu benda. Proses sterilisasi ini dilakukan untuk menjaga kebersihan dan mencegah terjadinya infeksi.

Bilik sterilisasi mulai bermunculan sejak wabah Pandemi menyebar di Indonesia. Penyediaan bilik sterilisasi di beberapa lokasi diharapkan bisa memutus rantai penyebaran Virus. Sebelumnya, Vietnam telah membuat Alat sterilisasi sebagai upaya menjaga warganya dari Virus.

Kini bilik sterilisasi antivirus sudah banyak tersedia di Indonesia. Lalu, apa sebenarnya fungsi dan seperti apa cara kerja dari bilik ini?

Fungsi Bilik Sterilisasi Desinfektan

  1. Membunuh Virus

Melihat kondisi penyebaran Pandemi yang semakin memprihatinkan saat ini, bilik sterilisasi desinfektan digunakan untuk membunuh virus. Ukuran virus sangat kecil dan tentu saja tidak bisa kita lihat dengan mata telanjang. Baju dan tubuh kita mungkin terlihat bersih namun tak ada yang tahu apakah ada virus yang menempel di sana.

Bilik ini memiliki fungsi membunuh virus yang menempel di tubuh dan pakaian Anda. Tak hanya Pandemi, bilik sterilisasi juga akan membunuh Bakteri lainnya.

2. Membunuh Mikroorganisme Lain

Bukan hanya membunuh virus, bilik sterilisasi juga akan membunuh mikroorganisme lain. Bilik sterilisasi akan membersihkan tubuh dan pakaian Anda dari bakteri maupun parasit yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Seperti kita ketahui bahwa imunitas sangat berpengaruh pada kemampuan tubuh melawan Pandemi.

Demi melindungi tubuh dari infeksi Virus maka Anda harus punya imun yang baik. Bakteri dan kuman lainnya yang menempel di tubuh Anda bisa jadi penyebab imun tubuh menurun. Bilik Anti Virus akan membunuh semua bakteri itu supaya tubuh Anda memiliki imun yang baik dan benar-benar dalam kondisi sehat.

3. Sterilisasi Menyeluruh

Bilik sterilisasi Anti Virus diciptakan untuk melakukan sterilisasi secara menyeluruh. Seperti kita tahu bahwa salah satu produk yang menjadi langka sejak munculnya Pandemi adalah hand sanitizer. Namun, hand sanitizer hanya bisa dipakai untuk membersihkan area tertentu seperti telapak tangan. Lalu, bagaimana dengan bagian tubuh lainnya?

Bilik sterilisasi akan membersihkan bagian tubuh Anda secara menyeluruh. Bahkan bilik sterilisasi juga bisa digunakan saat Anda berpakaian lengkap dan harus beraktivitas di luar ruangan. Cukup dengan masuk ke bilik sterilisasi maka tubuh dan pakaian Anda sudah bersih dari virus maupun bakteri lainnya.

4. Menurunkan Risiko Penyebaran Virus

Bilik sterilisasi memegang fungsi penting di tengah pandemi ini. Fungsi penting tersebut adalah menurunkan risiko terjadinya penyebaran virus yang semakin luas. Bilik sterilisasi akan membunuh virus maupun bakteri yang menempel di tubuh seseorang. Artinya, penyebaran virus akan terhenti pada orang tersebut.

Penyebaran Pandemi terjadi begitu cepat karena virus ini memang mudah menempel di berbagai benda. Manusia menjadi media pembawa virus yang bisa membuat virus tersebar dengan mudah dalam waktu singkat. Bilik sterilisasi dibutuhkan agar penyebaran virus ini segera bisa dihentikan.

Type Bilik Sterilisasi:

Dalam Bilik Sterilisasi ini ada 3 model Umum kamu bisa liat Spesifikasi model dari Bilik sterilisasi :

  1. BIlik Model 1

    Dengan Spesifikasi ukuran Booth 1x1x2 M, Berat 30 Kg, Kerangka Besi Hollow, Finishing cat besi, DInding plastik, Stiker logo Brand, Lampu T5, Plastik PVC, Selang, Exhaust fan Tombol Sakelar, Electric Water Pump, KApasitas 20 L, Nozzle Spray, DAya Semprot 2ml/5 Detik, Instalasi kelistrikan.

  2. Bilik Model 2

    Model Elegant, dengan Spesifikasi ukuran Booth ukuran 1x1x2 M, dengan berat 40 Kg, Kerangka Besi dari Hollow, Menggunakan Finishing Cat besi, Dinding dari Plastik, Stiker dengan logo Brand, Lampu T5, Di lengkapi Plastik PVC, Selang, Exhaust fan, Tombol Sakelar, Electric Water Pump penampung, Electric Water Pump pembuangan, Kapasitas Penampungan 20 L, Kapasitas Pembuangan 10 L, Nozzle Spray, Daya Semprot 2ml/5 Detik, Hand Sanitizer, Bonus Cairan handsanitizer 200 ml, Bonus Cairan desinfektan 5 L, Instalasi kelistrikan.

  3. Bilik Model 3

    Desain Elegant, dengan ukuran Both 1,5 x1x2,2 M, Berat Booth 50 Kg, Rangka Besi dari Hollow 50×50 (mm)Finishing Cat oven, Dinding akrilic& APC, Lantai Grating Plastic ABS, DIlengkapi stiker logo Brand, Menggunakan Lampu T 5, Tombol saklar On/Off, Dilengkapi Electric Waterpump motor penampungan, Electric waterpump motor pembuangan , Kapasitas penampungan 20 L, Kapasitas Pembuangan 100 L, Nozzle Spray daya semprot 1.3 ml/detik, Gratis cairan handsanitizar 200 ml, Bonus Cairan desinfektan 1 L.

Cara Kerja Bilik Sterilisasi Disinfektan

  1. Masuk ke Bilik Desinfektan

Orang yang akan menjalani sterilisasi harus masuk ke bilik sterilisasi terlebih dahulu. Anda harus masuk melalui pintu masuk yang sudah disediakan.

2. Penyemprotan Desinfektan

Setelah berada di dalam bilik sterilisasi maka ada blower yang akan menyemprotkan desinfektan di seluruh tubuh Anda. desinfektan akan disemprotkan secara merata dari ujung kepala hingga ujung kaki. Proses penyemprotan ini tidak akan berjalan lama, hanya beberapa detik.

Desinfektan yang disemprotkan di bilik sterilisasi adalah desinfektan dalam bentuk uap. Pada bilik sterilisasi terdapat wadah yang digunakan untuk menampung cairan desinfektan. Cairan ini akan diubah menjadi uap dan uap inilah yang kemudian disemburkan oleh blower ke tubuh orang yang ada di dalam bilik sterilisasi.

3. Keluar dari Bilik

Jika blower sudah selesai menyemprotkan desinfektan ke tubuh Anda, maka Anda bisa segera keluar dari bilik. Pintu masuk dan keluar bilik berbeda. Jadi, jangan keluar dari bilik melalui pintu yang sama saat Anda masuk. Anda harus keluar dari bilik lewat pintu keluar yang sudah disediakan.

Syarat Aman Bilik Sterilisasi Desinfektan

1. Dibuat oleh Tenaga Ahli

Bilik sterilisasi yang digunakan oleh publik harus dibuat oleh tenaga ahli yang kompeten. Bilik ini tidak bisa dibuat sembarangan oleh orang yang tidak punya kemampuan khusus. Hal ini disebabkan bilik sterilisasi berhubungan langsung dengan manusia dan cairan kimia yang berbahaya.

Desain bilik sterilisasi tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada dua bagian utama pada bilik sterilisasi yaitu bagian yang ditempati manusia dan bagian cairan kimia. Demi mendapatkan bilik sterilisasi yang aman dan bisa bekerja efektif, maka bilik ini harus dibuat oleh tenaga ahli yang sudah profesional.

2. Tidak Menggunakan Bahan Kimia Berbahaya

Penggunaan bahan kimia sebagai bahan sterilisasi semakin banyak digunakan sejak wabah menyebar. Produk hand sanitizer yang beredar di pasaran menjadi langka. Masyarakat pun membuat hand sanitizer sendiri dengan bahan-bahan kimia yang mudah didapat. Apakah pilihan ini efektif?

WHO mengeluarkan peringatan bagi masyarakat agar berhati-hati dalam menggunakan bahan kimia apapun untuk tujuan sterilisasi. Demi keamanan, bilik sterilisasi tidak boleh menggunakan bahan-bahan yang berbahaya. Bahan kimia yang tidak direkomendasikan oleh WHO adalah etanol, hidrogen peroksida, dan klorin.

Perlu diketahui bahwa hampir semua bahan kimia yang digunakan sebagai desinfektan memiliki efek bagi tubuh manusia. Bahan kimia yang dirasa paling aman dan bisa digunakan pada bilik sterilisasi adalah ozon dan klorin dioksida.

3. Dosis Bahan Kimia Dikendalikan

Tidak cukup hanya memperhatikan jenis bahan kimia yang akan digunakan sebagai bahan desinfektan. Pembuatan bilik sterilisasi juga harus menggunakan bahan kimia dengan dosis yang tepat. Kontrol dosis bahan kimia harus dilakukan oleh tenaga ahli yang sudah berpengalaman demi keamanan pengguna bilik sterilisasi.

Produk Bilik Desinfektan

Last Update Juli 2020

Bilik Desinfektan kini diproduksi dalam jumlah besar dan mulai digunakan oleh masyarakat. Ada beberapa jenis produk bilik sterilisasi yang dibedakan berdasarkan desain dan kapasitasnya. Rata-rata ukuran bilik sterilisasi adalah 1x1x2 meter dan 1,5x1x2,2 meter. Berat bilik sterilisasi rata-rata adalah 30 hingga 50 kg.

Dinding bilik sterilisasi dibuat dari bahan akrilik dan plastik. Bilik sterilisasi sudah dilengkapi dengan saklar serta electric water pump penampungan dan pembuangan. Beberapa produk juga sudah dilengkapi dengan cairan desinfektan dan hand sanitizer.

Rata-rata bilik sterilisasi memiliki kapasitas penampungan 20 liter dan pembuangan sebesar 10 liter. Produk bilik sterilisasi ini kini dijual bebas dan bisa digunakan oleh siapapun. Diharapkan dengan adanya bilik sterilisasi ini, masyarakat menjadi lebih sehat dan rantai penularan wabah ini bisa dihentikan.

Silahkan Whatssapp kami untuk info lebih lanjut: