Peluang usaha Franchise Bakmi

  • 4 min read
  • Mei 01, 2020

Usaha Franchise Bakmi Ayam dan Strategi Memulainya

Peluang usaha kini semakin terbuka lebar dan bisa memberikan keuntungan besar bagi Anda. Ada banyak jenis usaha yang bisa Anda lakukan dan salah satunya adalah usaha franchise dengan produk bakmi. Berikut akan dibahas mengenai peluang usaha franchise bakmi dan strategi yang bisa dilakukan untuk memulainya.

@ Ilustrasi

Keuntungan Usaha Franchise

Mengapa harus memulai usaha franchise? Usaha franchise atau waralaba merupakan jenis usaha yang dimulai dengan membeli merek dagang yang sudah ada sebelumnya. Jenis usaha yang satu ini sangat diminati di Indonesia. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika Anda melakukan usaha franchise.

  1. Usaha Sudah Dikenal

    Anda tak perlu bingung melakukan promosi kepada konsumen karena usaha Anda sudah dikenal lebih dulu. Merek yang Anda beli sudah dikenal lebih dulu oleh banyak orang. Apalagi jika merek yang Anda beli adalah merek populer. Bukan hal yang sulit untuk mencari jangkauan pasar. Anda sudah punya konsumen yang siap membeli. 

  2. Sudah Ada Manajemen Bisnis

    Jenis usaha yang kemudian dikembangkan menjadi sebuah waralaba biasanya sudah memiliki manajemen yang bagus. Anda tak perlu membangun dari awal manajemen usaha yang akan Anda kelola. Anda tinggal melanjutkan sistem manajemen yang sudah ada.

  3. Fasilitas Dukungan dari Franchisor

    Usaha waralaba sangat cocok dilakukan oleh para pebisnis pemula. Hal ini disebabkan oleh adanya dukungan dari pihak franchisor atau penyedia franchise. Setelah membeli merek, Anda bisa mendapatkan fasilitas lengkap untuk memulai usaha.

    Salah satu fasilitas yang didapatkan adalah edukasi mengenai cara menjalankan usaha dan promosi. Pihak franchisor akan memberikan dukungan dengan membimbing Anda sampai bisa menjalankan usaha tersebut dengan lancar.

  4. Kemudahan Manajemen Keuangan

    Menjalankan usaha franchise bisa dikatakan jauh lebih mudah daripada memulai usaha sendiri dari nol. Selain merek dan produk sudah ada serta sudah dikenal masyarakat, juga karena sudah ada manajemen keuangan. Anda tak perlu bingung memikirkan seperti apa manajemen keuangan yang harus diterapkan.

  5. Peluang Untung Lebih Besar

    Usaha franchise bisa memberikan Anda peluang keuntungan yang jauh lebih besar. Bahkan bisa dikatakan usaha waralaba ini lebih menguntungkan. Anda sudah mendapat konsumen dan produk sudah dikenal oleh banyak orang. Tinggal bagaimana Anda memperluas jangkauan pasar maka keuntungan besar bisa didapat.

  6. Modal Ringan

    Jenis usaha waralaba sangat direkomendasikan bagi Anda yang punya modal terbatas. Ada banyak pilihan franchise dengan harga penawaran yang bervariasi. Biasanya harga paket franchise dibedakan menjadi beberapa kategori. Anda bisa memilih paket franchise yang harganya paling sesuai dengan modal yang Anda punya.

Peluang Usaha Franchise Mie Ayam

Saat ini ada banyak sekali pilihan usaha yang bisa dijalankan dengan metode franchise. Ada banyak jenis produk yang bisa Anda pilih dan salah satunya adalah bakmi. Usaha franchise Bakmi Ayam dinilai bisa memberi keuntungan yang besar. Berikut adalah peluang usaha bakmi dengan sistem franchise.

  1. Jangkauan Pasar yang Luas

Produk bakmi memiliki jangkauan pasar yang luas. Banyak orang dari berbagai kalangan dan usia menyukai makanan yang satu ini. Anda bisa menjangkau banyak konsumen mulai dari anak-anak hingga orang tua. Selain itu, bakmi juga jenis makanan yang ramah di kantong sehingga mudah dijangkau banyak orang.

  1. Bukan Bisnis Musiman

Bisnis kuliner bakmi bukanlah jenis bisnis yang musiman. Bahan baku bakmi bisa didapatkan kapan saja tanpa bergantung pada musim. Selain itu, bahan-bahan yang lain juga tergolong mudah untuk didapatkan. Jadi, Anda bisa menjalankan bisnis ini kapan saja sepanjang tahun tanpa terpengaruh kondisi musim.

  1. Bahan Baku Mudah Didapatkan

Bahan baku untuk membuat kuliner bakmi tergolong mudah didapatkan dan harganya pun murah. Kondisi ini memudahkan Anda menjalankan usaha kuliner bakmi. Anda juga bisa mendapat keuntungan besar karena tidak perlu kesulitan mendapatkan bahan baku.

  1. Banyak Franchisor

Sangatlah mudah bagi Anda untuk memulai usaha kuliner bakmi karena ada banyak franchisor yang bisa Anda temukan. Anda tinggal memilih franchisor yang paling terpercaya dan merek usahanya sudah dikenal banyak orang. Jangan lupa pertimbangkan juga biaya yang dibutuhkan untuk membeli usaha franchise tersebut.

Namun, keberadaan banyak franchisor ini juga bisa membuat Anda kebingungan. Anda mungkin jadi sulit menentukan mana yang harus dipilih. Lebih baik periksa dulu kondisi pasar dan posisikan diri sebagai konsumen. Pertimbangkan mana franchisor yang memang berkualitas dan bisa membuat Anda untung besar.

  1. Bisa Dibuka Dimana Saja

Usaha kuliner bakmi bisa dibuka dimana saja. Lokasi untuk membuka jenis usaha yang satu ini tidak ada batasnya. Hal ini disebabkan jangkauan pasar yang luas meliputi berbagai kalangan masyarakat.

Strategi Memulai Usaha

Apakah Anda sudah merasa yakin untuk memulai usaha franchise bakmi? Jika iya, maka kini waktunya mempersiapkan strategi untuk memulai usaha. Meskipun usaha ini tergolong mudah karena Anda tidak harus memulainya dari awal, namun tetap harus dilakukan dengan hati-hati. Berikut adalah strategi yang bisa Anda lakukan.

  1. Memilih Franchisor

Hal pertama yang harus Anda lakukan jika ingin membangun usaha franchise adalah memilih franchisor. Saat ini ada beberapa pilihan merek bakmi yang membuka peluang franchise untuk Anda. Temukan merek yang menurut Anda paling terpercaya dan punya peluang besar di pasar. 

Salah satu hal yang wajib dipertimbangkan saat memilih franchisor adalah fasilitas. Pastikan Anda mendapatkan fasilitas yang lengkap dari pihak franchisor. Bukan hanya fasilitas untuk jualan tapi juga dukungan berupa edukasi dan bimbingan untuk menjalankan usaha maupun promosi.

  1. Merencanakan Strategi Promosi

Meskipun usaha Anda sudah dikenal orang karena merupakan jenis usaha franchise, namun Anda tetap harus menyusun strategi promosi. Lakukan promosi yang konsisten dan efektif. Manfaatkan media sosial untuk menjangkau konsumen dari generasi muda.

  1. Membentuk Tim yang Berkualitas

Usaha Anda bisa dijalankan dan sukses di pasaran jika Anda punya tim yang berkualitas. Bentuklah tim yang kompak dan bisa mengelola usaha Anda dengan baik. Anda sudah dimudahkan dengan adanya manajemen bisnis yang tersusun rapi. Anda perlu mengembangkannya menjadi lebih baik dengan tim yang berkualitas.

  1. Mengutamakan Kualitas

Selalu jadikan kualitas sebagai prioritas. Apalagi jika merek yang Anda beli adalah salah satu merek terkenal yang sudah punya banyak pelanggan. Pertahankan posisi tersebut dengan menjaga kualitas produk yang Anda jual. Pastikan Anda menggunakan bahan-bahan yang sama kualitasnya demi menjaga rasa.

Selain menjaga kualitas produk, Anda juga harus menjaga kualitas pelayanan. Berikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen. Semakin baik pelayanan yang Anda berikan maka akan semakin banyak pula konsumen yang datang.

  1. Fokus

Sukses di dunia bisnis bukanlah suatu hal yang mudah untuk diraih. Anda bisa mencari inspirasi dengan membaca kisah sukses para pebisnis. Kunci utama yang harus dipertahankan adalah fokus. Anda harus fokus pada jenis usaha yang akan Anda lakukan. Pastikan untuk selalu konsisten dan tekun menjalankan usaha tersebut.

Itulah sedikit informasi mengenai peluang usaha Franchise Mie Ayam. Anda bisa mulai mempersiapkan diri dari sekarang. Temukan franchisor yang tepat dan mulailah usaha Anda dengan penuh keyakinan. Selama Anda menjaga kualitas dan menerapkan strategi promosi yang tepat, bisnis Anda pasti bisa berkembang dengan baik.

× Ada yang bisa saya bantu?