Tips Memilih Berita Politik Terpercaya

  • 4 min read
  • Nov 24, 2020

Sebagai orang yang melek akan politik, tentu rasa ingin tahumu atas perkembangan politik tanah air sangat besar. Namun, banyaknya berita simpang siur yang masih belum jelas salah dan benarnya, tak jarang membuatmu susah untuk mempercayai kabar yang ada. Agar kemudian tak termakan informasi bohong, kamu bisa ikuti 7 tips memilih berita politik yang terpercaya berikut ini.

  1. Jangan Langsung Percaya Berita dengan Headline yang Provokatif

Headline merupakan salah satu kunci utama yang menentukan nasib sebuah berita, dibaca atau diabaikan begitu saja. Oleh sebab itu, tak heran jika headline dibuat semenarik mungkin, bahkan kadang dibuat begitu sensasional dan provokatif, agar pembaca tertarik untuk meluangkan waktu membacanya. Bahkan, tak jarang banyak yang hanya membaca headline saja, tanpa membaca isinya.

Keberadaan headline yang provokatif inilah yang membuat banyak pembaca salah kaprah dengan kondisi politik yang sebenarnya. Bahkan, sangat sering sekali pembaca hanya mengandalkan headline, lalu kemudian menyebarkannya tanpa pikir panjang. Mengingat hal tersebut, biasakan untuk membaca terlebih dahulu isi berita, terlepas dari provokatif atau tidaknya headline yang dimilikinya. 

2. Bandingkan Berita yang Sama dari Sumber Berbeda

Jika ingin mendapatkan berita politik yang sebenarnya dan bukan yang abal atau condong ke salah satu partai politik, bandingkanlah isi berita yang kamu baca. Jadi, jangan hanya membaca berita di satu sumber saja, lalu kamu langsung mempercayainya. Bacalah berita dengan tema yang sama, dari dua atau bahkan lebih sumber agar kamu lebih bisa melihat mana berita yang benar.

Berita politik yang tak bisa dipercaya bisa dilihat dari narasinya yang berbeda, di antara satu sumber dengan sumber lainnya. Jika sudah begini, kamu patut meragukan keabsahan berita politik yang kamu baca tersebut. Berita yang dituliskan berbeda di dalam satu media dengan media lainnya, bisa dikatakan sebagai berita palsu dan tak layak untuk dipercaya.

3. Tonton Berita dari Saluran Televisi atau Media yang Netral

Pada saat ini, bisa dibilang bahwa ada stasiun televisi maupun media cetak seperti surat kabar, memihak kepada salah satu pihak atau tokoh politik tertentu. Jadi, tak heran jika misalnya kamu hanya mendengar berita yang baik atau bagus saja atas tokoh politik tersebut di stasiun yang memihaknya. Jika dibandingkan dengan berita di stasiun televisi lain malah jauh berbeda.

Disebabkan karena hal inilah, kamu harus belajar untuk bisa memilih mana saluran televisi maupun media lain yang sifatnya netral. Dengan begini, tak akan ada namanya berita yang memihak pada pelaku politik tertentu. Media yang netral akan menyampaikan berita apa adanya, tanpa menjatuhkan ataupun menaikkan pihak tertentu yang berkecimpung di dunia politik. 

4. Perhatikan Sumber Berita Politik

Ini nih hal penting yang harus kamu cermati kala membaca berita politik, yakni sumber berita tersebut. Jika sumbernya memang terpercaya dan terverifikasi, maka berita politik tersebut layak untuk kamu konsumsi. Sumber yang umumnya terpercaya misalnya seperti berita di saluran televisi maupun surat kabar yang memang kerap memuat seputar berita politik.

Lalu, sumber mana yang harus diragukan kebenaran berita politiknya? Contoh mudahnya adalah berita yang begitu banyak digaungkan dan disebarkan di dunia maya, tanpa tahu siapa narasumber dari berita tersebut. Berita yang belum tentu benar atau salahnya ini, begitu mudah dibagikan oleh pengguna di media sosial, tanpa sadar akan dampak buruk yang bisa diakibatkannya.

Tak hanya sumber atau media di mana berita itu dituliskan saja, melainkan juga narasumber dari berita tersebut. Coba cari tahu apakah narasumber tersebut memang orang yang ahli di bidang politik atau memang berkarier di bidang politik. Bisa jadi, berita politik yang kamu baca tersebut berasal dari narasumber yang tak bisa dipercaya dan sama sekali tak ada kiprah politiknya selama ini.

5. Cermatlah Membedakan antara Fakta dan Opini

Kemampuan memahami narasi berita merupakan salah satu hal yang harus dimiliki oleh seorang pembaca berita, khususnya berita politik. Bagaimana tidak, penafsiran yang salah atas berita tentang Perkembangan Berita politik tanah air saat ini, bisa membuatmu mengambil kesimpulan yang jauh dari kata benar. Intinya, kamu harus paham memaknai, yang mana opini dan mana yang fakta.

Tak semua kalimat yang tertuang dalam berita politik merupakan fakta, begitu pun juga tak semua termasuk dalam opini. Bisa jadi kalimat berita yang kamu baca merupakan sebuah opini dari tokoh politik, namun kamu menafsirkannya sebagai sebuah fakta. Baca dengan utuh sebuah berita, jika perlu baca berulang kali agar kamu bisa memahaminya sepenuhnya dan tak salah ambil kesimpulan.

6. Teliti Dulu Keaslian Foto dalam Berita Politik

Foto memang bisa jadi bukti akurat sebuah peristiwa, namun di zaman yang serba canggih seperti sekarang, bukanlah hal yang sulit untuk memalsukan sebuah foto. Oleh sebab itu, jangan langsung percaya dengan foto yang dipajang terkait berita politik, utamanya foto yang berita politiknya terbilang kontroversial. Cari tahu dulu apakah foto tersebut asli atau tidak.

Terbilang bukan hal yang sulit untuk mencari tahu keaslian sebuah foto. Misalnya saja, jika kamu merasa ragu akan keaslian sebuah foto, kamu bisa coba masukkan foto tersebut ke laman mesin pencari, untuk melihat apakah foto tersebut berkaitan dengan peristiwa lainnya. Jika memang foto tersebut digunakan tak semestinya, akan banyak foto yang sama di hasil pencarian.

Fenomena penggunaan foto palsu ini sendiri memang begitu luas akhir-akhir ini. Banyak headline berita politik yang terbilang kontroversial, disandingkan dengan foto yang juga begitu menarik perhatian pembacanya. Namun begitu, setelah ditelusuri kembali, foto tersebut ternyata foto dari beberapa tahun lalu, yang sama sekali tak ada kaitannya dengan peristiwa yang terjadi saat ini. 

7. Dengarkan Berita Politik dengan Lengkap

Salah satu penyebab seringnya terjadi miskomunikasi mengenai informasi politik di negara ini adalah karena pendengar mendengarkan berita yang tak utuh. Misalnya saja, seseorang dengan saja mengunggah potongan video yang jika hanya didengarkan sepenggal itu saja bisa menimbulkan kontroversi. Padahal, jika didengarkan berita seutuhnya, sama sekali tak ada yang salah.

Oleh sebab itu, biasakan dirimu untuk mendengarkan berita dengan utuh. Jika kamu menonton atau mendengar potongan berita yang kontroversial, coba cari dulu versi utuhnya lalu dengarkan kembali dengan saksama. Jangan sampai karena terlanjur emosi dan percaya akan potongan video tersebut, kamu langsung menyebarkan potongan berita tersebut, yang belum tentu benar atau tidaknya.

Perlu ketelitian dalam memahami berita politik yang disampaikan saat sekarang ini. Sumber berita serta kemampuan memahami berita merupakan hal yang benar-benar harus diperhatikan. Cerna berita tanpa melibatkan emosi lalu bandingkan dengan sumber berita lainnya, jika memang isinya kontroversial. Dengan begini, kamu akan bisa melihat perkembangan politik tanah air yang sebenarnya.

× Butuh bantuan daftar young living?