Prodi Andalan Binus Universitas Bandung, Cocok bagi Milenial!

  • 4 min read
  • Jan 11, 2021

4 Prodi Unggulan Binus Universitas Bandung, Cocok bagi Milenial!

Bandung merupakan lokasi dari banyak perguruan tinggi terkemuka, salah satunya yaitu Binus University Bandung. Binus University Bandung bertekad untuk menghadirkan pendidikan yang berkelas dunia pada masyarakat. Sebagai langkah mewujudkan hal tersebut, universitas di Bandung satu ini pun menghadirkan deretan program studi unggulan bagi para calon mahasiswanya.

Freepik

Mengenal Binus University Bandung

Binus University Bandung merupakan salah satu kampus Universitas Bina Nusantara yang berlokasi di Bandung. Prestasinya sebagai salah satu universitas swasta ternama di Indonesia memang tak perlu diragukan lagi. Hal ini dibuktikan dengan masuknya BINUS dalam daftar universitas terbaik dunia versi QS WUR 2021.

Setiap kampus BINUS memiliki kekhususannya masing-masing, termasuk dengan BINUS University Bandung ini. Kampus ini fokus untuk mencetak lulusan yang mumpuni di bidang teknologi kreatif. Sama dengan kampus BINUS lainnya, setiap mahasiswa juga akan bisa mencicipi dunia kerja lebih awal, melalui program 3+1 yang dijalankan oleh universitas ini. 

Melalui program ini, mahasiswa di Binus University Bandung akan bisa merasakan bagaimana rasanya berkecimpung langsung di dunia kerja. Perusahaan tempat bekerjanya nanti selama 1 tahun pun, begitu berkualitas, baik itu perusahaan multinasional maupun global. Dengan program semacam ini, tak mengherankan jika lulusannya begitu menonjol saat terjun di dunia kerja.

Pilihan Program Studi di Binus University Bandung

Binus University Bandung merupakan kampus Universitas Bina Nusantara yang dijuluki sebagai Kampus Teknologi Kreatif. Penyematan julukan ini sendiri tak terlepas dari deretan program studi yang dihadirkan di sana, yang menghadirkan perpaduan teknologi dan ilmu kreatif. Berikut ini adalah pilihan program studi yang bisa Anda pilih di Binus University Bandung ini.

  1. Creativepreneurship

Sekarang ini, ada begitu banyak jenis usaha kekinian yang mayoritas pendirinya terbilang masih berusia muda. Walau masih muda, namun mereka sudah  mampu menganalisis bisnis dengan baik, sehingga tak mengherankan jika keuntungan yang diperolehnya bisa begitu besar. Nah, jika Anda ingin menjadi bagian dari mereka, tak ada salahnya Anda mempelajari bisnis dulu di prodi Creativepreneurship.

Program studi Creativepreneurship bertujuan untuk menyiapkan generasi muda menjadi seorang Sarjana Bisnis yang fokus pada industri kreatif. Dengan menjalani pendidikan di sini juga, mahasiswa akan dididik untuk bisa menganalisa, menciptakan peluang bisnis yang kreatif dan inovatif, serta bisa membangun bisnis yang bisa menghadapi dan bertahan di persaingan global.

Istimewanya, mahasiswanya nanti juga akan dibekali ilmu untuk bisa sekaligus mengangkat kearifan lokal dalam bisnis yang nanti. Program studi Creativepreneurship ini sendiri memiliki visi untuk menjadi prodi yang unggul dan diakui secara nasional, dalam hal pengembangan bisnis dan penerapan teknologi kreatif yang berbasiskan budaya nasional dan budaya Sunda.

Setelah lulus dari program studi ini sendiri, ada banyak peluang karir yang bisa dipilih dan dijalankan oleh lulusannya. Mereka bisa menjadi seorang creativepreneur, intrapreneur, business planner, business developer, business consultant, hingga cyberpreneur. Gelar akademik yang akan diperoleh nantinya oleh lulusannya adalah S.Bns atau Sarjana Bisnis. 

2. Interior Design

Siapa nih di antara Anda yang sangat tertarik dengan dunia desain, khususnya yang bersangkutan dengan desain interior? Binus University Bandung menghadirkan prodi Interior Design,yang bertujuan untuk menghadirkan lulusan yang mampu mendesain mulai dari skala hunian hingga desain untuk ruang publik.

Keistimewaan prodi ini adalah mahasiswanya akan dibimbing untuk bisa menghasilkan desain yang mengutamakan kearifan lokal, serta mengusung pelestarian budaya bangsa dan berkepribadian creativepreneur. Desain akhirnya itu pun diharapkan bersifat fleksibel terhadap aplikasi informasi, teknologi, dan komunikasi.

Program studi Interior Design ini memiliki 2 bentuk peminatan, yakni Furniture Design dan Commercial and Hospitality Design. Peminatan Furniture Design fokus pada perancangan furnitur yang sesuai dengan budaya lokal Indonesia, ramah lingkungan, dan bahannya terbuat dari teknologi yang terdepan.

Khusus untuk peminatan Commercial and Hospitality Design sendiri, fokus pada pembuatan desain atau rancangan untuk kebutuhan komersial serta hunian. Kualitas yang dimiliki oleh interior serta desain hunian tersebut akan membuat desain tersebut memiliki nilai jual yang tinggi di tengah masyarakat.

Lulusan program studi Interior Design ini nantinya akan dianugerahkan gelar S.Ds atau Sarjana Desain. Peluang karir yang dimilikinya pun begitu banyak, seperti interior design contractor, interior design consultant, furniture designer, workshop owner, hingga home accessories designer. Tentu sangat menyenangkan jika passion Anda bisa sekaligus jadi pekerjaan Anda. 

3. Visual Communication Design

Universitas di Bandung ini memang bertekad untuk menghadirkan lulusan yang memberikan kontribusi nyata di industri kreatif. Terbukti dari program studi selanjutnya yang dimilikinya yakni Visual Communication Design atau Desain Komunikasi Visual. Dari program studi ini, akan lahir para perancang komunikasi visual yang mumpuni.

Program studi Visual Communication Design ini memiliki 2 bentuk peminatan, yakni Digital Media dan Animation. Peminatan Digital Media akan menyiapkan lulusannya untuk menguasai media digital, dalam rangka menyelesaikan masalah komunikasi via media visual, termasuk di dalamnya media gerak digital.

Beda lagi dengan peminatan Animation atau Animasi, di mana lulusannya diharapkan bisa menjadi praktisi di bidang industri animasi dan film. Siapa tahu dengan menempuh studi di bidang peminatan ini, Anda bisa menjalani karier sebagai animator di studio animasi ternama di dunia seperti Pixar.  

Peluang karir terbuka lebar bagi para lulusan program studi Visual Communication Design ini. Anda bisa jadi seorang creative consultant, art director, illustrator, branding consultant, hingga creative di sebuah rumah produksi. Lulusan dari program studi ini sendiri akan mengantongi gelar Sarjana Desain atau S.Ds.

4. Computer Science

Sekarang ini, kebutuhan akan teknisi pengembangan perangkat lunak yang berbasis web atau pun mobile sedang begitu membludak. Nah, ilmu untuk menjadi seorang teknisi tersebut bisa Anda peroleh dengan menuntut ilmu di program studi Computer Science, yang dihadirkan oleh Binus University Bandung.

Tersedia 2 pilihan peminatan di program studi Computer Science ini, yaitu Game Application Technology (GAT) dan Internet of Things (IOT). Peminatan Game Application Technology cocok dipilih oleh Anda yang nantinya ingin jadi seorang pengembang game atau game developer. Bayangkan saja, betapa bangganya jika Anda bisa punya game buatan sendiri.

Khusus untuk peminatan Internet of Things akan fokus pada interkoneksi melalui alat-alat komputer dengan benda sehari-hari yang sudah diprogram dengan internet. Dengan begini, akan terjadi penerimaan dan pengiriman data, dari dan melalui benda-benda tersebut. Anda bakal bisa ciptakan deretan aplikasi berkualitas dengan menempuh pendidikan di sini.

Lulusan Computer Science memiliki banyak opsi karier yang bisa dijalankan. Mereka bisa jadi seorang game developer, mobile application developer, software engineer, network designer, programmer, hingga network designer. Gelar untuk lulusan dari program studi Computer Science ini sendiri adalah Sarjana Komputer atau S.Kom.

Jika Anda mencari universitas di Bandung yang fokus pada pengajaran teknologi serta industri kreatif, maka BINUS University Bandung-lah jawabannya. Kampus ini menghadirkan 4 program studi, di antaranya seperti Creativepreneurship dan Computer Science. Fasilitasnya yang mumpuni dan pengajar yang berkualitas, dijamin akan membuat Anda menjadi ahli di bidangnya masing-masing.