cara bermain bitcoin

Ummi Cahyati Januari 2, 2023 0 Comments

Panduan Cara Bermain Trading Bitcoin

Saat ini perkembangan dunia ekonomi sudah banyak berkembang termasuk di bagian mata uang yang bahkan tidak punya bentuk fisik. Salah satu mata uang tersebut yaitu bitcoin atau biasa disebut dengan cryptocurrency (mata uang kripto). Banyak orang mulai belajar cara bermain bitcoin karena ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan mudah.

Apa itu Bitcoin?

Keberadaan dunia virtual membuat munculnya mata uang baru yang memang sepenuhnya ada dalam bentuk virtual yaitu bitcoin ini. Bitcoin sendiri secara sederhana sama seperti uang versi digital dari uang tunai yang saat ini ada di pasaran. Sama seperti uang tunai, bitcoin dapat digunakan untuk membayarkan sebuah transaksi penggunaan jasa atau pembelian produk.

Mata uang ini pertama kali ditemukan oleh Satoshi Nakamoto, orang pertama yang meluncurkannya ke internet tahun 2009 silam. Tidak ada yang mengetahui siapa nama asli dari orang ini karena nama tersebut hanyalah nama samaran atau alias saja. Beberapa orang kemudian mengklaim sebagai pemilik asli dari nama tersebut tetapi masih belum pasti.

Banyak perusahaan yang mulai menerima pembayaran melalui mata uang Bitcoin ini sebagai alat pembayarannya. PayPal sudah lebih awal menggunakan mata uang ini dan yang paling baru adalah perusahaan mobil yang sangat terkenal, Tesla. Mata uang ini sama seperti mata uang lainnya dimana ia berharga hanya ketika orang mau menggunakannya sebagai alat pembayaran.

Cara Kerja Bitcoin

Kehadiran dunia digital membuat banyak orang menyadari pentingnya keberadaan mata uang virtual yang setara di segala tempat. Bitcoin sendiri sebenarnya merupakan file yang ada di dalam aplikasi dompet digital dan hanya berisi catatan saja. Uang ini kemudian digunakan dalam berbagai transaksi dan semuanya akan tercatat dalam sistem besar yang disebut blockchain.

Inilah kelebihan dari mata uang satu ini dimana setiap transaksi yang dilakukan bisa dicatat sehingga tidak ada transaksi uang palsu. Seseorang tidak akan bisa melakukan sebuah transaksi dari Bitcoin yang tidak dimiliki mengingat setiap keeping bisa dilacak.

Beberapa cara bisa dilakukan untuk mendapatkan uang virtual satu ini yaitu dengan transaksi, pembelian, dan penambangan. Seseorang bisa membeli Bitcoin dengan uang asli yang dimiliki ataupun juga menjual barang dengan mata uang Bitcoin. Penambangan sendiri dilakukan secara khusus menggunakan komputer-komputer tertentu sebagai alat penambangnya.

Tren Bitcoin di Indonesia

Sebelum mengenal berbagai cara main bitcoin, sebaiknya harus tahu terlebih dahulu bagaimana tren uang virtual tersebut di Indonesia. Di Indonesia sendiri, sudah ada trend dalam menambang Bitcoin sejak 2011, hanya beberapa tahun sejak mata uang ini muncul. 

Baca Juga  Cara Meningkatkan dan Menjaga Jumlah Followers di Instagram

Perkembangan Bitcoin masih terus terjadi hingga saat ini tetapi memang menjadi lebih terbatas karena ada penyesuaian perangkat. Penambang harus menggunakan mesin bernama ASIC ketika ingin melakukan aktivitas penambangan dan alat ini cukup mahal.

Aktivitas Menambang Bitcoin

Bitcoin tidak akan pernah terlepas dari aktivitas menambang atau kata yang merujuk pada mendapatkan Bitcoin. Aktivitas ini sama seperti aktivitas menambang pada umumnya yang memerlukan alat agar bisa mendapat Bitcoin sebagai hasilnya. Sistem dasar dari Bitcoin sendiri mengharuskan adanya pemrosesan terhadap transaksi yang terjadi.

Dalam hal tersebut, komputer kemudian akan digunakan sebagai alat penghitung transaksi dan alat ini akan mendapatkan upah. Upah inilah yang nantinya diberikan kepada pemilik komputer tersebut dalam bentuk satuan Bitcoin. 

Semakin lama, sistem mengharuskan penambangan dilakukan dengan sistem yang semakin rumit untuk mencegah inflasi pada mata uang ini. Banyak hal perlu dipersiapkan seperti komputer yang tangguh serta biaya listrik yang tidak sedikit ketika melakukan aktivitas penambangan.

Cara Main Bitcoin yang benar

Ada banyak cara sebenarnya jika ingin mendapatkan penghasilan dari Bitcoin meskipun memang juga beresiko rugi ketika salah. Selayaknya bisnis lainnya, aktivitas yang dilakukan perlu dipikirkan matang-matang terlebih dulu. Ini dia beberapa cara bermain Bitcoin yang paling dasar:

  1. Trading

    Cara paling populer untuk mendapatkan uang dari Bitcoin adalah dengan melakukan trading yang bisa dilakukan 24 jam penuh ini. Aktivitas ini dilakukan sesuai dengan keinginan, kapanpun serta dimanapun sedang berada selama ada koneksi internet.
    Pelajari terlebih dahulu bagaimana menganalisis grafik perdagangan serta persiapkan mental dalam resiko yang mungkin terjadi. Inti dari trading sendiri adalah melakukan pembelian dari Bitcoin menggunakan uang asli kemudian menjualnya ketika harga melonjak tinggi.
    Sudah ada banyak aplikasi yang bisa digunakan dalam aktivitas ini baik di smartphone ataupun PC. Semua keuntungan yang didapatkan bergantung pada kemampuan menganalisis pasar serta kemahiran membaca situasi pasar. Aktivitas trading dilakukan dalam waktu pendek, menjanjikan keuntungan yang besar tetapi sebanding dengan resiko yang besar pula.

  2. Investing

    Cara lain dalam mengambil keuntungan dari Bitcoin adalah melakukan investasi pada Bitcoin dan menahannya hingga waktu tertentu. Dalam bursa kripto, aktivitas ini disebut dengan nama Hold On for Dear Life (HODL) yang berarti aktivitas ini untuk jangka panjang. Jangan terlalu berekspektasi dalam kegiatan ini karena keuntungan tidak begitu besar.
    Sebaiknya, siapkan terlebih dahulu hardware wallet yang berfungsi untuk menjaga Bitcoin yang sudah dibeli. Tidak hanya dengan membeli, menyimpan kemudian menjual saja, aktivitas ini juga bisa dilakukan dengan berinvestasi di berbagai start up.
    Ada banyak perusahaan yang membutuhkan banyak investor tetapi lakukan riset terlebih dahulu bagaimana potensi start up tersebut. Jika melakukan investasi dengan benar, sudah bisa dipastikan ada berbagai keuntungan besar yang menunggu. 

  3. Menambang

    Cara bermain Bitcoin selanjutnya adalah dengan menambang yang memerlukan kemampuan pemecahan kriptografi. Aktivitas ini menjanjikan keuntungan sangat besar tetapi membutuhkan keahlian komputasi dan pengembangan komputer. Masa awal keberadaan Bitcoin adalah fase-fase keemasan bagi penambang untuk mendapatkan pundi-pundi uang.
    Keuntungan di masa sekarang tidak begitu besar tetapi memang masih tergolong menjanjikan untuk dilakukan. Saat ini, aktivitas pertambangan sudah berbasis cloud yang akan membantu seluruh proses penambangan.
    Penambangan dengan cloud sama seperti melakukan investasi, perlu dilakukan pengecekan terlebih dahulu atas kredibilitas perusahaan. Cukup lakukan investasi pada perusahaan yang tepat dan tinggal menunggu saja pembagian dari hasil penambangan.

  4. Micro Earning

    Aktivitas ini sesuai dengan namanya, tidak akan memberikan keuntungan yang begitu besar bagi orang-orang yang menggunakannya. Tetapi tetap saja, ada keuntungan tertentu jika dilakukan dengan cara yang tepat. Prinsip ini singkatnya adalah dengan membayar sejumlah Bitcoin ketika tidak menekan “Skip Ads” di berbagai platform.
    Micro earning sendiri akan membayar seseorang dalam satuan Bitcoin untuk iklan yang sudah ditonton dari Youtube. Ada juga yang membayar melalui pengisian survei online yang dilakukan untuk menghimpun data tertentu. 
    Pendapatan yang didapatkan biasanya sejumlah Rp 500-700 rupiah saja dari menonton iklan selama satu jam penuh. Cara yang perlu dilakukan hanyalah menyalakan ponsel kemudian membiarkan ponsel memutar suatu iklan secara terus-menerus. Pastikan terlebih dahulu untuk mengkalkulasi biaya modal yang diperlukan serta penghasilan yang didapatkan.

  5. Melakukan Penjualan dengan Bitcoin

    Bitcoin adalah jenis mata uang yang sangat berpotensi untuk dipakai secara meluas di masa mendatang. Cara main selanjutnya adalah dengan melakukan penjualan barang tertentu dan menerima Bitcoin sebagai alat pembayarannya. Ada banyak vendor yang mulai menerima Bitcoin dalam setiap transaksi yang dilakukan di dalamnya seperti misalnya Starbucks. 
    Penggunaan Bitcoin ini bisa digunakan dalam berbagai jenis penjualan barang atau jasa, cukup integrasi saja Bitcoin ke ekosistem pembayaran. Cara ini bisa dilakukan sedini mungkin untuk membuka pikiran bagaimana sebenarnya ekosistem Bitcoin itu sendiri.
    Pembayaran yang terjadi bisa dilakukan dalam waktu sebentar saja dan semua uang tersebut bisa diterima dengan singkat. Selain itu, tidak ada lagi pihak ketiga yang bertugas dalam melakukan pemrosesan terhadap setiap transaksinya. Siapkan saja new wallet Bitcoin untuk menampung semua uang hasil transaksi.

  6. Lending

    Ada cara mendapatkan keuntungan secara pasif tanpa melakukan banyak hal dalam artian Bitcoin yang akan menghasilkan uang sendiri. Caranya adalah dengan sistem peminjaman dengan bunga dimana penghasilan akan didapatkan dari bunga tersebut. 
    Menahan Bitcoin tidak akan memberikan keuntungan yang pasti mengingat volatilitasnya yang bisa berubah dengan cepat. Cara meminjamkan uang ini dapat memberikan pendapatan baru yang memang tidak perlu usaha lebih.
    Pastikan saja untuk menggunakan salah satu platform pinjaman yang sudah terpercaya dalam kegiatan ini untuk menghindari spam dan kehilangan aset. Beberapa situs yang bisa digunakan misalnya adalah Bitbond, BTCpop, atau Unchained Capital yang bahkan bisa memberi bunga 15%. 

  7. Mengikuti Program Afiliasi

    Media sosial saat ini merupakan platform yang bisa digunakan untuk mendapatkan banyak sekali keuntungan. Caranya adalah dengan menjadi afiliasi dari berbagai perusahaan cryptocurrency yang ada saat ini. Daftarkan diri terlebih dulu ke dalam berbagai program afiliasi kemudian lakukan promosi produk-produk perusahaan tersebut.
    Keuntungan yang didapatkan ini berasal dari seberapa banyak pelanggan baru yang terjadi karena aktivitas promosi. Akan ada tautan khusus untuk melacak kinerja dari promosi yang dilakukan berkenaan dengan insight yang didapatkan.
    Kemampuan untuk mempengaruhi orang lain dan jaringan yang baik adalah dua hal dasar paling penting untuk keuntungan lebih banyak. Pekerjaan ini sangat mudah, hanya perlu bagikan tautan tertentu di media sosial ataupun situs web yang dimiliki.

  8. Membuat Tulisan Berbayar

    Ternyata menulis juga bisa menjadi salah satu cara bermain Bitcoin yang paling mudah tanpa perlu modal sebelumnya. Syaratnya hanyalah punya pemahaman yang cukup di dalam dunia blockchain.
    Tuangkan pemahaman tersebut dalam tulisan yang kemudian diunggah di berbagai platform blogging cryptocurrency berbayar. Tulisan tersebut mengharuskan setiap orang yang ingin membacanya membayar jumlah tertentu dan dari sini pendapatan itu diperoleh.
    Mengunggah tulisan di berbagai forum diskusi Bitcoin juga bisa dilakukan dengan syarat adanya jaringan yang mendukung. Tunjukkan bagaimana keterampilan dalam menghasilkan Bitcoin dan keuntungan yang besar di berbagai platform lainnya.

  9. Menjadi Master Node

    Cara terakhir ini adalah yang paling rumit karena memerlukan kemampuan yang memadai disertai dengan modal yang besar. Maksud dari menjadi master node sendiri adalah peranan sebagai server yang selalu aktif untuk berbagai transaksi Bitcoin.
    Pelajari terlebih dahulu tentang perhitungan komputasi yang terkenal cukup rumit tersebut sebelum masuk ke bidang ini. Nantinya, peran penting sebagai pemberi daya pada setiap blockchain bitcoin yang ada bisa dilakukan.
    Diperlukan adanya komputer yang mendukung dalam aktivitas ini mengingat server harus bekerja sepanjang waktu. Fungsi utama master node adalah sebisa mungkin membantu jaringan agar bisa bekerja optimal.

Baca Juga  Cara Daftar Aplikasi Triv

Itu dia berbagai cara bermain Bitcoin yang memang masih memiliki potensi cukup besar dari segi keuntungan. Pastikan terlebih dahulu untuk memahami dasar-dasar dari aktivitas bisnis dengan mata uang ini agar tidak mengalami kerugian. 

AboutUmmi Cahyati
Ummi Cahyati Merupakan Content Spesialis dan Kontributor di Studiosmartapps, Berpengalaman di Bidang Penulisan Digital Marketing Termasuk ( SEO, SEM, SMM, dan juga Website).  dan juga Banyak Juga Menjadi Kontributor di Beberapa Media Penulisan Ternama di Indonesia.