Cara daftar airbnb

  • 4 min read
  • Jan 15, 2022

Langkah Praktis Mendaftarkan Properti di Airbnb, Pasti Berhasil!

Hi, pembaca setia blog ____. Siapa di sini yang tidak mau income passive? Itu tuh pemasukan yang kita dapatkan tanpa membanting tulang seperti pekerjaan lain dan bisa dilakukan dengan santai. Sudah beberapa tahun ini saya menjadi salah satu host di Airbnb. Banyak sekali teman, keluarga, kerabat, dan juga pembaca yang bertanya kepada saya bagaimana cara mendaftarkan properti mereka untuk menjadi host Airbnb. Maka dari itu di postingan kali ini saya akan membeberkan secara jelas langkah-langkah menjadi host Airbnb.

Langkah Awal Pendaftaran Airbnb Update 2022 !

Berikut langkah teknis mendaftarkan properti sebagai host di Airbnb:

  1. Masuk Kesitus Airbnb

    Pertama masuklah ke situs airbnb.co.id, lalu klik tombol Menjadi tuan rumah yang berada di pojok kanan atas layar, kemudian klik pilihan Daftarkan tempat Anda.

  2. Daftar Menggunakan Jejaring Sosial

    Berikutnya adalah melakukan proses pendaftaran bisa menggunakan login facebook, login, login apple, login gmail, atau email kamu kemudian lanjutkan.

  3. Pilih Kategori Hunian

    Pilihlah kategori jenis huian yang kamu ingin pilih, sesuai dengan property yang ingin disewakan.

  4. Pilih Menu Dropdown

    Bila teman-teman memilih kategori Apartemen maka selanjutnya adalah memilih tipe dari properti dan bagian apa dari properti yang akan didapatkan oleh traveler penyewa. Klik tombol Berikutnya untuk melanjutkan pendaftaran properti teman-teman.

  5. Scroll Menu Kebawah

    Scroll ke bawah, teman-teman akan menemukan pilihan Ya atau Tidak dimana Ya berarti teman-teman memang berniat menyiapkan properti untuk tamu serta properti ini akan selalu siap untuk disewa kapan pun itu. Tentu pilihlah pilihan pertama. Di bagian bawah juga terdapat pertanyaan yang menanyakan apakah pendaftaran di Airbnb ini merupakan salah satu chanel marketing perusahaan. Pilihlah Tidak karena teman-teman mendaftarkan properti pribadi bukan milik perusahaan mana pun. Klik tombol Berikutnya untuk melanjutkan proses pendaftaran ke tahap selanjutnya.

  6. Pilih Kapasaitas Jumlah Tamu

    Di tahapan ini teman-teman harus isi berapa tamu yang bisa ditampung oleh ruangan yang akan disewakan, berapa kamar yang bisa dipakai oleh tamu, dan berapa tempat tidur yang tersedia. Isilah masing-masing keterangan ini sesuai dengan ketersediaan properti teman-teman. Klik tombol Berikutnya untuk melanjutkan tahapan pendaftaran.

  7. Pilih Pengaturan Jumlah Tempat Tidur

    Pengaturan Tempat Tidur Anda bisa mengatur jumlah tempat tidur di masing-masing kamar yang disewa. Klik tombol Berikutnya untuk melanjutkan pendaftaran

  8. Masukan Jumlah Kamar Mandi

    Di langkah berikutnya teman-teman bisa memasukan berapa jumlah kamar mandi yang tersedia, termasuk apakah kemar mandi tersebut ada dalam kamar pribadi atau tidak, dalam artian dipakai secara bersama-sama. Klik tombol Berikutnya untuk lanjut.

  9. Masukan Alamat Property

    Di laman ini teman-teman harus mengisi keterangan alamat dari properti yang disewakan kepada user Airbnb. Keterangan seperti nama apartemen, kota, provinsi, dan kode pos wajib untuk diberikan agar memudahkan semua pihak menemukan lokasi properti teman-teman.

  10. Masukan Alamat Pin Lokasi

    Di laman selanjutnya setelah terlebih dahulu klik tombol Berikutnya, akan muncul fungsi untuk meletakan pin sesuai dengan lokasi properti. Klik Tampak bagus bila teman-teman sudah yakin dengan lokasi pin yang benar.

  11. Centang Fasilitas

    Di langkah selanjutnya, teman-teman bisa mencentang pilihan fasilitas yang diberikan kepada penyewa properti seperti perlengkapan kamar mandi, internet/wifi, Sampo, lemari, TV, AC, dll. Kasih centang sesuai dengan kondisi ketersediaan fasilitas di properti teman-teman. Klik tombol Berikutnya.

  12. Mencentang Fasilitas Keselamatan

    Di langkah ini teman-teman diminta untuk mencentang pilihan fasilitas keselamatan yang tersedia seperti detector asap, detector karbon monoksida, kotak P3K, dll. Centang sesuai kondisi dan ketersediaan di properti teman-teman, ya. Klik tombol Berikutnya.

  13. Pilih Ruangan Apa Saja yang Bisa Digunakan

    Tahapan selanjutnya adalah mengisi ruangan apa saja yang dapat digunakan oleh tamu. Pilihan seperti ruang keluarga pribadi, kolam renang, dapur, tempat parkir, lift, dll bisa teman-teman centang sesuai dengan apa yang tersedia di properti yang disewakan.

Yuk Simak Panduan Video Pendaftaranya disini:

Lakukan Pemotretan Properti

Tahapan ini hanya bisa dilakukan setelah langkah sebelumnya dilewati. Kualitas pemotretan tentunya disesuaikan dengan budget yang teman-teman miliki. Gunakan jasa fotografer profesional untuk menadapatkan hasil foto yang menarik dan berkelas. Boleh saja melakukan pemotretan menggunakan smartphone namun pastikan spec kamera yang tertanam lumayan bagus sehingga gambar yang dihasilkan pun mampu menarik traveler.

Banyak sekali manfaat yang bisa dihasilkan dari pemotretan yang baik. Semua itu tentu membutuhkan kreatifitas teman-teman. Ikuti tips melakukan pemotretan properti untuk Airbnb berikut ini:

1. Lakukan persiapan yang matang.

2. Pilih peralatan memotret yang terbaik untuk menghasilkan gambar yang details dan jelas.

3. Lakukan pemotretan untuk semua fasilitas yang akan teman-teman berikan kepada traveler. Hal-hal kecil seperti foto kotak P3K, shower, cermin, serta handuk bisa membuat calon penyewa mendapatkan feel dari ruangan seperti apa yang akan mereka tempati. Memotret ruangan dari luar juga akan memberikan penyewa gambaran kondisi dan suasana sekitar properti.

Yuk, setting harga terbaikmu

Perlu diingat bahwa host Airbnb bukanlah teman-teman saja, ada banyak host yang sudah duluan mendaftar dan tentu sudah mahir mengatur harga. Ada baiknya intip dulu harga pesaing agar kita mendapatkan harga yang terbaik. Harga terbaik berarti harga kita mampu bersaing dengan host yang lain, tidak terlalu murah dan tidak terlalu mahal. Untuk kelangsungan bisnis ini, tentu harga bisa dinaik-turunkan berdasarkan musim liburan atau peak season. Saat musim liburan seperti Natal, Tahun Baru, Lebaran, dan hari-hari besar lainnya tiba, jangan lupa untuk menaikkan harga propertimu, ya.

Tampil beda dari pesaingmu? Buatlah deskripsi properti yang menarik

Untuk bisa mendapatkan traveler yang ingin menyewa properti teman-teman, menulis deskripsi yang menarik merupakan salah satu caranya. Jangan malas untuk menulis kalimat berstruktur baik, mudah dimengerti serta jelas untuk dibaca siapa pun yang mengunjungi laman properti teman-teman. Cara mendeskripsikan properti haruslah jelas, singkat, dan padat memenuhi kaidah penulisan iklan yang baik. Yang paling utama dari menulis deskripsi adalah buat semenarik mungkin namun tetap dahulukan kejujuran agar penyewa tidak kecewa saat mereka sampai di properti teman-teman.

Atur Prosedur Bagaimana teman-teman sebagai host ingin menerima uang

Hingga saat ini, hanya ada 2 cara bagaimana teman-teman bisa menerima uang dari transaki Airbnb, yaitu dengan paypal dan transfer via bank. Untuk lebih jelasnya perhatikan 2 poin berikut ini:

1. Paypal merupakan bank digital untuk transaksi online yang sangat populer. Bila teman-teman memiliki akun paypal, pembayaran reservasi propteri akan masuk ke akun tersebut 24 jam setelah tamu check in. Teman-teman bisa lakukan penarikan ke rekening bank hanya dalam kurun waktu 2-3 hari kerja dengan angka minimal 10 dollar. Waktu withdraw terserah host, teman-teman bisa mengumpulkannya dahulu.

2. Transfer via bank bisa dilakukan dengan mengetahui Swift Code bank yang teman-teman miliki. Swift Code ini berguna agar teman-teman bisa melakukan transfer antar negara. CENAIDJA adalah Swift Code BCA yang paling sering digunakan. Proses ini memakan waktu hingga maksimal 5 hari. 

Publish Unit Properti teman-teman!

Saat semua langkah sebelumnya sudah teman-teman lewati, kini unit properti teman-teman siap untuk dipublish dan siap menerima tamu!

Itulah langkah sederhana nan praktis cara mendaftarkan properti untuk menjadi host di Airbnb. Semoga pembaca bisa mengikuti dengan baik, bila ada pertanyaan silahkan tulis di komen di bawah ini, ya. Salam.