Pakar SEO

Ummi Cahyati Januari 2, 2023 0 Comments

Ketahui 5 Pakar SEO Indonesia dan Tips Memilih Jasa SEO Terbaik

Pakar SEO merupakan orang yang memiliki keahlian dan pengetahuan yang mumpuni tentang SEO. Pakar atau orang yang ahli di bidang SEO biasanya akan sering dicari oleh para pemilik website untuk membantu mereka dalam hal SEO.

Sebelum mengetahui pakar yang ada di Indonesia, akan lebih baik jika mengetahui apa itu SEO dengan baik. Selain mengetahui pengertian dan pakarnya, ada baiknya juga mengetahui bagaimana tipe pakar atau penyedia Jasa SEO yang patut untuk dihindari.

Pengertian SEO

SEO atau search engine optimization merupakan cara atau proses pengoptimalan situs laman yang akan masuk pada peringkat atas pada hasil pencarian di browser. SEO ini memiliki pola tersendiri yang berhubungan dengan kata kunci yang dimasukkan ke pencarian.

Jika laman memiliki kata kunci yang cocok maka peringkatnya akan semakin naik, selain dari kata kunci ada faktor lain. Faktor lain yang dapat mempengaruhi peringkat laman di internet adalah kecepatan website dan bagaimana operasionalnya.

Apakah website termasuk ilegal atau menggunakan cara yang ilegal untuk mendapat peringkat. Faktor-faktor seperti ini akan mempengaruhi SEO atau yang sering disebut dengan traffic.

Traffic SEO ada beberapa macam, internal traffic dan eksternal traffic. Internal adalah faktor yang berasal dari dalam laman atau situs itu sendiri, sedangkan eksternal adalah faktor penentu dari luar.

Pakar SEO menjadi orang yang mengetahui bagaimana cara untuk mengoptimalkan dan memenuhi faktor-faktor ini supaya website dapat mendapatkan peringkat yang tinggi. Dengan peringkat yang teratas di pencarian, website akan cenderung lebih sering dikunjungi.

Selain dari segi peringkat, website yang sering dikunjungi juga memiliki relevansi terhadap kata kunci yang  sedang dicari oleh pengunjung. Itulah mengapa tugas pakar SEO tidak hanya berfokus pada pengoptimalan kata kunci, tetapi juga pada konten yang disediakan.

Mereka akan membantu pemilik situs untuk memenuhi semua kriteria yang diinginkan oleh Google dan membantu supaya konten lebih berbobot. Serta mereka juga memberikan data yang akurat soal analisis situs.

Baca Juga  Daftar Semrush Tools Seo Terlengkap

Daftar Pakar SEO Indonesia

Berbicara soal pentingnya SEO, ada banyak sekali orang di Indonesia yang merupakan pakarnya SEO. Orang-orang ini memiliki kemampuan serta pengetahuan yang cukup untuk membantu para pemilik website dalam pengelolaan situs mereka.

Tentunya tugas mereka ini hadir untuk membantu para pemilik situs supaya mendapatkan tujuan yang ingin dicapai. Jadi sebelum bekerjasama dengan para pakar, akan lebih baik jika pemilik situs menentukan terlebih dulu apa tujuan yang ingin dicapai secara jelas.

Setelah mengetahui apa tujuan, nantinya para pakar akan melakukan uji coba dan menganalisis masalah yang ada pada situs laman. Dengan data yang diberikan, pemilik website dapat melakukan perbaikan terhadap situsnya agar dapat bekerja sesuai SEO yang baik.

Para pakar SEO ini tentunya menggunakan cara SEO yang legal dan terhindar dari segala peringatan dari Google. Berikut adalah beberapa pakar dunia SEO yang ada di Indonesia.

1. Wahyu Saputro

Wahyu Saputro yang kerap disapa Kang Wahyu ini merupakan salah satu pakar yang cukup terkenal di Indonesia. Pengalaman beliau di dunia SEO yang cukup lama membuat beliau memiliki keahlian yang sangat mumpuni di bidang ini.

Dengan pengalaman dan pengetahuan tersebut, beliau telah bekerjasama dengan banyak perusahaan besar. Para kliennya pun mengaku puas dengan hasil kerja yang beliau lakukan.

Website perusahaan yang digarapnya mampu meningkat jumlah pengunjung dan peringkatnya di kolom pencarian. Tidak hanya itu, optimasi kata kunci yang dilakukan oleh Kang Wahyu juga terbukti dapat sesuai target situs perusahaan di pencarian.

Selain ahli di bidang SEO ini, beliau juga merangkap sebagai digital marketing di sebuah perusahaan. Jadi, tidak dipungkiri jika kemampuan beliau dalam SEO juga dibarengi dengan perbaikan konten yang sesuai dengan strategi pemasaran.

2. Ibrahim Vatih

Pakar SEO selanjutnya yang kerap disapa dengan panggilan Vatih ini memiliki pengalaman yang begitu lama di bidang ini. Tidak hanya ahli dalam SEO, beliau juga tidak sungkan untuk membagikan ilmu SEO melalui situs pribadinya.

Untuk Anda yang ingin belajar mengenai SEO, dapat mampir ke situs beliau karena di sana terdapat banyak sekali tahapan SEO yang mudah diikuti oleh pemula. Tidak hanya untuk pemula saja, untuk pelajaran SEO lanjutan juga tersedia di sana.

Vatih tidak hanya memiliki situs pribadi sebagai tempatnya membagikan ilmu yang dimiliki, tetapi juga channel youtube. Di sana terdapat materi pembelajaran SEO dari 0 sehingga dapat membantu untuk pemula yang benar-benar awam.

Baca Juga  Mengenal Apa Itu Spam Score dan Solusinya Menurunkanya

Sekarang, beliau bekerja sebagai pakar dengan membuka kelas  online yang dapat dilihat lewat situsnya juga. Sudah ada lebih dari 1000 peserta yang bergabung ke kelas beliau dan mengikuti pembelajaran di sana.

3. Afit Husni

Bergelut di bidang SEO cukup lama, Afit Husni sering disebut sebagai suhu atau guru legend di bidang SEO. Hal ini tidak hanya karena pengalamannya yang sudah lama, tetapi juga karena beliau adalah pemilik salah satu domain yang besar di Indonesia.

Di website tersebut ada banyak sekali artikel yang bermanfaat bagi pembacanya. Artikel yang berkaitan dengan media teknologi dan masih banyak topik lainnya menjadi salah satu referensi bagi pembaca.

Tidak mengherankan kalau beliau disebut sebagai suhu legend, karena beliau berhasil membangun website dengan SEO yang sangat baik. Di situs beliau ada ratusan sampai ribuan pengunjung baru karena proses SEO yang sesuai, ini akan meningkatkan engagement yang didapatkan.

Saat ini, fokus beliau kepada brand yang menjadi jembatan bagi komunitas blogger. Brand ini menjadi salah satu potensi yang sangat menjanjikan bagi para blogger di Indonesia.

4. Lathief Pakpahan

Pengalaman Lathief Pakpahan di bidang SEO yang sudah lama sekali cukup untuk menjadikan beliau sebagai pakar dari SEO. Selain menjadi pakar, beliau juga memiliki website sendiri yang menyebutkan kalau dirinya juga bergerak di bidang consultant and SEO services.

Tidak mengherankan jika banyak sekali pemilik situs yang datang kepada beliau untuk konsultasi mengenai situs mereka. Tidak hanya menawarkan konsultasi, beliau juga sangat dikenal di bidang digital marketing yang menjadi salah satu keahlian.

Sudah banyak perusahaan besar yang menggunakan jasa yang diberikan oleh beliau dan perusahaan pun sangat puas dengan optimasi yang dilakukan. Jika ingin belajar SEO pada beliau, dapat mengikuti kelas yang dibuka oleh beliau.

5. Khairul Anwar

Berasal dari Magetan, Khairul Anwar yang kerap disapa dengan nama Airul ini sudah bergelut di bidang SEO sejak 2011. Pengalaman yang sangat lama ini membuat Airul menjadi salah satu pakar SEO dengan kemampuan terbaik di Indonesia.

Di website pribadinya, terdapat banyak artikel SEO yang mengedukasi bagi orang-orang yang awam mengenai SEO. Mas Airul juga membuka kelas bagi yang ingin belajar mengenai SEO baik itu yang gratis atau berbayar.

Baca Juga  Langkah Membangun Digital Agency

Mas Airul juga mengelola website pribadinya sendiri dengan beberapa website lain. Semuanya memiliki peringkat yang bagus di pencarian internet berkat SEO yang baik.

Jika beliau sudah membuka kelas gratis, maka tidak ada salahnya untuk mengikuti kelas yang disediakan karena itu merupakan suatu kesempatan. Belajar bersama pakar SEO yang sudah berpengalaman tentu akan memberikan banyak sekali manfaat dan pengetahuan baru mengenai SEO.

Ciri Pakar SEO yang Wajib Diwaspadai

Menggunakan jasa pakar atau mencoba cara SEO sendiri untuk website itu bergantung pada pilihan Anda. Jika memilih untuk mencoba sendiri, Anda dapat mulai mencari informasi lewat artikel yang tersebar di internet dan tutorial yang ada di Youtube.

Jika memilih menggunakan jasa seorang pakar atau sebuah agensi SEO, berikut adalah beberapa hal yang perlu untuk diwaspadai. Setidaknya ada tiga ciri agensi SEO yang patut untuk dicurigai dan dihindari.

Yang pertama adalah jika penyedia jasa memberikan garansi ranking yang akan didapat di pencarian. Anggaplah Anda tidak menyebutkan tujuan ranking Google yang diinginkan di awal, tetapi untuk proses optimasi jasa SEO ini menyebutkan garansi ranking yang bisa mereka berikan.

Anda wajib untuk curiga, karena dari Google sendiri sudah mengatakan jika tidak ada seorang pun yang bisa memberikan garansi ranking satu di pencarian. Hal ini sudah dijelaskan pada video tahun 2010 oleh Matt Cutts, seorang mantan Head of Web Spam di kantor Google.

Yang kedua adalah jika pokok bahasan mereka hanyalah backlink. Backlink sendiri merupakan sebuah link yang diletakkan di halaman website yang mengarah pada website lain.

Strategi SEO tidak hanya berpaku pada backlink saja, karena itu Anda harus curiga jika yang dibicarakan hanyalah backlink. SEO memiliki bahasan yang cukup luas, mulai dari bounce rate, kata kunci, dan sebagainya.

Penyedia jasa yang membahas backlink saja adalah jasa yang sangat red flag dan bisa dimasukkan ke daftar hitam. Yang terakhir, adalah jika penyedia jasa SEO tidak punya pakar SEO.

Memiliki orang yang ahli di bidang SEO, bukan hanya ahli website saja, sangatlah penting jika klien ingin menggunakan teknik SEO. Penyedia jasa yang menawarkan jasa SEO padahal tidak punya specialist di bidang SEO wajib dihindari.

Itu dia beberapa pakar SEO di Indonesia yang memiliki banyak pengalaman di bidang ini. Jika ingin menggunakan jasa pakar SEO, terapkan tips di atas agar tidak tertipu.

AboutUmmi Cahyati
Ummi Cahyati Merupakan Content Spesialis dan Kontributor di Studiosmartapps, Berpengalaman di Bidang Penulisan Digital Marketing Termasuk ( SEO, SEM, SMM, dan juga Website).  dan juga Banyak Juga Menjadi Kontributor di Beberapa Media Penulisan Ternama di Indonesia.