Apa itu Jasa Sosial Media

Ummi Cahyati Januari 2, 2023 0 Comments

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Jasa Sosial Media, Peranan, dan Manfaatnya

Berkembang strategi marketing sekarang membuat banyak orang yang menggunakan jasa sosial media. Peningkatan penggunaan jasa ini dikarenakan beralihnya era sekarang kepada era teknologi yang lebih memanfaatkan internet untuk banyak kegiatan.

Supaya tetap bisa mengikuti perkembangan zaman, banyak bisnis yang memperluas sayap pemasaran dengan sosial media. Sosial media sendiri dapat menjadi wadah yang dapat dimanfaatkan untuk sarana bisnis.

Definisi Jasa Sosial Media

Sosial media yang memiliki banyak sekali pengguna dengan grafik yang selalu meningkat tiap tahunnya menjadi salah satu tempat marketing yang sangat menjanjikan. Semua orang memang dapat bermedia sosial karena kesenangan pribadi dan kepuasan sendiri.

Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi sosial media yang bersifat bisnis. Dalam menggunakan sosial media bisnis, tidak semua orang dapat memanfaatkannya dengan cara yang paling efektif sehingga dapat mencapai hasil yang maksimal.

Terlebih apabila tujuan yang dicapai adalah tujuan yang spesifik dan membutuhkan kemampuan khusus untuk mencapainya. Di sinilah peran jasa sosial media dibutuhkan untuk mencapai hasil tertentu yang diinginkan.

Jasa sosial media akan membantu brand untuk mengelola, menganalisa, dan mengembangkan akun sosial media yang dimiliki. Tujuannya tidak lain adalah untuk mendapatkan keuntungan dan mengembangkan bisnis sebesar-besarnya.

Sampai sekarang, jasa ini sudah banyak digunakan terutama untuk bisnis yang berpusat di tengah kota metropolitan seperti Jakarta dan sekitarnya. Untuk bisnis lain yang masih belum menggunakan jasa ini pun diharapkan segera menggunakan karena banyak sekali manfaatnya.

Peran Jasa Sosial Media untuk Bisnis

Seperti yang diketahui, jasa sosial media memiliki peranan penting yang sangat berpengaruh bagi kelangsungan bisnis. Bayangkan jika tidak ada profesional yang mengelola akun sosial media bisnis sebuah brand.

Tentu saja nantinya akun sosial media milik brand tidak akan terarah dan memiliki konten yang jelas. Dengan tidak adanya konsep dan konten yang jelas, orang-orang tidak akan tertarik dengan produk yang dimiliki brand.

Kalau tidak ada ketertarikan dari orang-orang, nantinya brand dapat mengalami kerugian yang sangat besar. Di bawah ini adalah 10 peranan sebuah jasa sosial media untuk kepentingan sebuah bisnis.

Baca Juga  Cara Cepat Memahami dan Memilih Jasa SEO

  1. Menjadi Identitas dari Sebuah Bisnis

    Sosial media akan menjadi refleksi orang-orang mengenai sebuah bisnis yang berjalan, dengan demikian identitas dari sebuah bisnis bergantung di sini. Orang akan mudah mengenali suatu brand lewat sosial media dan brand ambassador.
    Selain itu, orang juga akan menilai sebuah bisnis lewat strategi pemasaran dan konten-konten yang diposting di akun tersebut. Dalam hal ini, konten yang dibagikan dapat menunjukkan karakter dari bisnis yang berjalan.
    Itulah mengapa penting untuk memiliki akun sosial media yang terarah dan terkonsep sehingga orang dapat memandang bisnis terkait adalah bisnis profesional. Juga untuk mempertahankan identitas dari sebuah bisnis yang berjalan.

  2. Sebagai Media Promosi dan Informasi

    Sudah banyak orang yang mengetahui apapun yang tersebar di sosial media sangat mudah untuk menyebar sehingga dapat dijadikan sebuah peluang. Peluang ini merupakan peluang yang baik bagi bisnis-bisnis di Indonesia untuk mengenalkan bisnis kepada banyak orang. Dengan konten yang telah diposting dapat dijadikan sebagai media informasi dan promosi suatu produk supaya lebih banyak yang mengenal. Hal ini sangat penting bagi suatu bisnis supaya dapat lebih dikenal dalam jangkauan nasional dan internasional.

  3. Memperluas Jangkauan Pasar

    Seperti dikatakan pada poin kedua, sosial media sebagai media promosi karena memiliki kekuatan penyebaran yang lebih besar. Hal ini dapat memperluas jangkauan pasar karena lebih banyak orang yang tahu produk dari bisnis terkait.
    Dengan lebih banyak orang yang tahu, orang yang membutuhkan produk dari bisnis terkait akan menjangkau brand lebih dulu untuk membeli produknya. Tidak hanya itu, brand dapat memperluas kriteria pasar mereka sehingga lebih banyak keuntungan yang didapat.

  4. Meningkatkan Brand Awareness

    Brand awareness menunjukkan sejauh mana konsumen mengenal brand atau merek yang sedang dipasarkan. Biasanya konsumen akan mengacu kepada satu kata atau satu kesan ketika melihat sebuah brand tertentu.
    Kesan dari konsumen inilah yang perlu digali oleh para pebisnis, supaya konsumen memiliki ketertarikan yang lebih terhadap brand yang dipasarkan. Konsumen akan dapat mengingat atau mengenali sebuah merek dalam kondisi tertentu jika brand memiliki brand awareness yang baik.

  5. Meningkatkan Penjualan Produk

    Sesuai dengan apa yang dikatakan sebelumnya, jasa sosial media dapat meningkatkan keinginan konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan. Dengan meningkatnya pembelian produk, secara otomatis keuntungan yang didapat akan semakin besar.
    Jika hal ini terjadi, brand akan mencapai tujuan yang diinginkan. Tidak hanya itu, penjualan produk yang sangat tinggi dapat memicu ketertarikan orang yang belum pernah membeli supaya ingin membeli produk.

  6. Membuat Strategi Pemasaran yang Jelas

    Strategi pemasaran dapat berbeda-beda untuk tiap produk dan tiap brand bergantung pada target pasarnya. Diperlukan strategi pemasaran yang jelas juga tepat untuk tiap produk supaya penjualan dari masing-masing produk dapat lebih tinggi.
    Misalnya untuk produk pakaian pria menggunakan cara iklan di TV yang to the point. Sementara untuk produk tas wanita menggunakan live di sosial media yang menjelaskan dan me-review dengan detail bagian dari tas yang dijual.
    Dari hal ini dapat dilihat jika pria cenderung memilih produk yang dibutuhkan dengan cepat dan informasi yang jelas. Sedangkan untuk wanita lebih suka untuk membandingkan antara satu barang dengan yang lain dan mengetahui detail produk sampai menemukan satu yang paling disukai. Karena itu penting untuk menggunakan strategi pemasaran yang tepat untuk setiap produk yang berbeda dan target pasar masing-masing. Dengan strategi pemasaran yang jelas dan tepat, nanti produk akan dengan mudah menarik perhatian target konsumen.

  7. Mendesain Konsep Konten yang Tepat

    Tidak hanya memikirkan strategi pemasaran, jasa sosial media juga mendesain konten yang sejalan dan tepat dengan strategi pemasaran. Hal ini akan membantu konsumen atau target pasar untuk mengetahui dan mengingat brand yang dipasarkan lewat konten yang disebarkan.
    Pemilik brand dapat mendiskusikan konten yang akan dibuat oleh jasa yang digunakan supaya dapat sesuai dengan konsep dan keinginan pemilik brand. Komunikasi menjadi kunci dari tercapainya tujuan kedua pihak supaya sama-sama menguntungkan dan menyenangkan kedua pihak.

  8. Memilih Platform Sosial Media yang Tepat

    Yang terpenting, peran dari jasa ini adalah untuk memilihkan platform sosial media yang tepat untuk brand atau produk yang dipasarkan. Memang benar jika menggunakan semua sosial media yang ada dapat melebarkan sayap pemasaran lebih besar dan lebih banyak orang yang mengetahui produk yang ditawarkan.
    Namun, memiliki satu sosial media yang paling efektif dan memfokuskan pemasaran di sana terlebih dahulu sebelum mencoba sosial media yang lain dapat menjadi jalan lebih efisien. Cara ini akan membantu brand untuk membuat kekhasan tersendiri sehingga konsumen dapat mengingat atau mengetahui brand tersebut lebih sering promosi di mana.
    Dengan begini, brand awareness akan meningkat dan lebih banyak orang yang tertarik dengan brand. Selain memilih platform yang sesuai, jasa akan membantu bisnis untuk mencarikan tools atau alat yang tepat untuk berpromosi.
    Di internet sudah banyak sekali tools yang dapat digunakan untuk memasarkan produk. Tujuan dari penggunaan jasa ini adalah hal tersebut.

  9. Memonitor dan Menganalisa Sosial Media

    Untuk jangka panjang, jasa ini akan berguna untuk memonitor dan menganalisa sosial media brand yang sedang memasarkan produknya. Dari berapa lama promosi berjalan, akan dijelaskan bagaimana statistik ketertarikan konsumen terhadap produk.
    Tidak hanya itu, jasa ini juga akan mencarikan solusi terhadap konten dengan engagement rendah yang ada di akun sosial media brand. Sehingga nantinya setiap konten dan promosi yang dilakukan oleh brand dapat meraih publikasi dan atensi yang sama-sama tinggi.

  10. Menjalin Kerjasama dengan Influencer

    Peran terakhir yang sangat penting bagi bisnis adalah kerjasama dengan influencer yang dapat menunjang pemasaran dari suatu brand. Dengan adanya orang yang membantu menyebarkan informasi mengenai produk yang sedang dipasarkan.
    Pengikut dari influencer yang melihat influencer kesukaannya menggunakan atau me-review suatu produk lama-lama akan tertarik untuk menggunakan produk yang sama. Ini akan membantu suatu produk supaya terjual dengan lebih optimal dan lebih banyak diketahui oleh orang-orang.

Baca Juga  Agency SEO

Manfaat Menggunakan Jasa Sosial Media

Peran-peran di atas memiliki banyak manfaat bagi brand, salah satunya adalah meningkatkan penjualan. Penjualan yang terus meningkat akan membantu brand untuk meningkatkan keuntungan mereka.

Tidak hanya itu, publikasi dan atensi orang banyak juga akan lebih meningkat sehingga produk tidak hanya diketahui sebagai produk yang dibeli. Namun juga sebagai produk yang menarik dan memiliki ciri khas tersendiri.

Jasa sosial media juga akan membantu mencari jalan keluar dari permasalahan pemasaran yang dialami oleh brand. Dengan demikian, brand dapat mengevaluasi bagaimana penjualan dan strategi pemasaran yang dilakukan apakah sudah efektif atau belum

Jika belum, nantinya jasa sosial media dapat mencarikan strategi pemasaran yang lain supaya penjualan produk tetap berada di grafik yang baik. Nantinya pemilik bisnis dapat mendiskusikan hal ini lebih lanjut dengan jasa yang digunakan supaya solusi yang didapat sama-sama sesuai dengan keinginan dua pihak.

AboutUmmi Cahyati
Ummi Cahyati Merupakan Content Spesialis dan Kontributor di Studiosmartapps, Berpengalaman di Bidang Penulisan Digital Marketing Termasuk ( SEO, SEM, SMM, dan juga Website).  dan juga Banyak Juga Menjadi Kontributor di Beberapa Media Penulisan Ternama di Indonesia.