September 19, 2019

foto prewedding jakarta

Mengenal Sejarah Pra-wedding dan Alasan Menggunakannya

Apa yang biasanya dilakukan calon pengantin saat menyiapkan pernikahan mereka sendiri? Selain menyiapkan ini dan itu seperti masalah pelaminan, catering dan lainnya, mereka biasanya juga akan menyiapkan waktu untuk mengambil foto pra-wedding atau sering disebut dengan prewedding.

Ada banyak tujuan orang melakukan sesi foto yang satu ini sebelum menikah. Di Indonesia sendiri ini bukanlah hal yang baru lagi karena nyaris semua calon pengantin pasti melakukannya. Biasanya, foto ini diletakkan di banyak tempat seperti sampul surat undangan, perlengkapan souvenir dan masih banyak lagi. Yuk, kenali lebih dekat!

Sejarah Pra-Wedding

Jika mengenal lebih dekat suatu hal, maka tak akan lepas dari masalah masa lalu dari benda atau hal tersebut. Untuk prewedding sendiri sebenarnya juga memiliki sejarah. Sesi foto yang satu ini sebenarnya sudah marak dan dikenal masyarakat di era tahun 1990-an. Ditengarai, tempat bermulanya adalah di China.

Saat itu, industri fotografi negara Tirai Bambu ini sedang dalam masa keemasan. Hal ini tak lepas dari sistem ekonomi China di tahun 1990-an yang sangat bergeser dari sistem komunis menjadi sistem kapitalis. China dibandiri berbagai produk elektronik dari negara Jepang, Korea hingga Taiwan.

Hal ini mengundang antusias investor yang cukup tinggi terutama kaum birokrasi dan karena izin usaha yang murah di China. Tak heran, pertumbuhan pabrik elektronik di China membludak pada masa itu. Sebenarnya, lahirnya sesi foto ini juga tak lepas dari sinetron Asia yang tengah tren di masa tersebut, Meteor Garden.

Bersamaan dengan pecahnya industri fotografi di China, negara di Asia Timur sedang gencar membuat sinetron bertema cinta seperti Meteor Garden ini. Sebagai salah satu strategi pemasaran, pihak sinetron menampilkan poster pemain dengan pose bermesraan. Pada saat itulah, mulainya sesi foto prewedding terjadi.

Namun, hingga saat ini, tak ada yang tahu pasti siapa yang pertama kali mencetuskan konsep prewedding photography ini. Ada yang mengatakan ini berasal dari fotografer yang mendapatkan pekerjaan dari pasangan muda-mudi asal Hongkong, ada juga yang beranggapan bahwa konsep sesi foto ini berasal dari kalangan atas Eropa.

Lalu, bagaimana dengan negara Eropa dan Amerika? Sama seperti halnya warga China, masyarakat Eropa dan Amerika juga sudah lama mengenal konsep foto ini. Anda bisa melihatnya dari banyak majalah atau buku fotografi yang beredar. Namun, istilah yang digunakan adalah engagement photo.

Meski sama-sama sudah mulai sejak lama, namun ada perbedaan konsep foto prewedding Asia dan Eropa. Orang Eropa dan Amerika tak pernah menyewa fotografer khusus untuk sebuah foto prewedding. Mereka mengambilnya secara apa adanya karena mereka berpikir foto tersebut adalah karya seni yang berasal dari hal yang natural.

Alasan Kenapa Memilih Photo Pra-Wed

Ada banyak alasan orang melakukan sesi foto prewedding sebelum melangsungkan pernikahan. Mungkin Anda juga memiliki alasan tersendiri saat melakukan ini. Namun, bagi kebanyakan orang, alasannya adalah sebagai berikut!

1. Mengabadikan Kenangan

Salah satu alasan diadakannya foto prewedding adalah untuk mengabadikan kenangan. Kebanyakan pasangan mengatakan bahwa menikah adalah momen sekali seumur hidup. Melakukan sesi foto ini dinilai tepat untuk mengabadikan kenangan sebelum rumah tangga mereka jalani.

Biasanya, mereka akan melakukan sesi foto ini dan diikuti dengan sesi foto setelah menikah dan sebelum memiliki buah hati. Nantinya, mereka akan menyatukannya dalam sebuah album foto dengan tema tertentu untuk menjadi kenangan.

2. Sebagai Identitas

Melakukan sesi foto ini ternyata juga digunakan sebagai identitas. Kadang, para tamu seringkali merasa penasaran siapa mempelai yang ada di pelaminan seperti seperti apa wajahnya dan yang mana orangnya. Hal ini juga berlaku untuk tamu yang sudah sepuh. Mereka bisa jadi tak mengingat siapa yang sedang menikah. 

Nah, dengan keberadaan foto ini, mereka bisa mengenal siapa calon pengantin. Para tamu bisa tahu siapa dengan melihat foto mereka yang terpampang di undangan atau display pernikahan yang ditempatkan di depan gedung ataupun di antara meja tamu.

3. Story Teller

Sesi foto ini juga dimanfaatkan sebagai storyteller yang diungkapkan kepada seluruh tamu undangan yang hadir. Maksudnya adalah untuk menggambarkan bagaimana kekompakan, keromantisan dan keceriaan kedua pengantin sehingga pada akhirnya mereka memutuskan untuk menikah dengan melalui rangkaian foto yang disusun menjadi sebuah cerita.

4. Menjadikan Diri Sebagai Pusat Perhatian

Keberadaan foto prewedding di acara pernikahan juga bisa menjadikan pasangan pengantin sebagai pusat perhatian alias raja dan ratu sehari di hari spesial mereka. Oleh sebab itu, keberadaan foto ini akan membuat hari mereka menjadi lebih sempurna dan bisa dikenang sepanjang masa hidup mereka.

5. Menyalurkan Keinginan

Keberadaan foto ini juga berguna untuk memenuhi hasrat kedua calon mempelai. Misalnya saja, mereka ingin terlihat unik dan membuat iri para teman-teman yang belum menikah. Mereka biasanya membuat tema prewedding dengan berbagai hal seperti tema keseharian, pekerjaan dan masih banyak lagi.

6. Mengikuti Tren

Tentu saja, alasan paling masuk akal dari adanya sesi foto yang satu ini adalah mengikuti tren. Ini adalah alasan yang paling simpel. Biasanya, foto prewedding akan disandingkan berpasangan dengan foto pernikahan mereka. Hal ini adalah hal kekinian yang memang berlaku di pasangan millenial seperti sekarang.

Jika tak melakukannya, mereka merasa ada yang kurang dari pernikahan mereka. Selain itu, biasanya mereka juga tak mau jadi bahan ejekan teman karena tak mengikuti tren. Hal inilah yang menjadi salah satu pendorong adanya sesi foto yang satu ini di setiap pernikahan yang terjadi akhir-akhir ini.

Keunggulan Menggunakan Pra-Wed Murah

Menggunakan jasa prewedding saat ini memang sangat tren di pasaran. Anda bisa memilih menggunakan jasa prewedding yang murah ataupun yang harganya mahal dengan konsep terbaik. Ada banyak keunggulan menggunakan jasa prewedding murah yang bisa Anda dapat. Pertama, tentu saja Anda tak perlu keluar uang banyak.

Biaya yang Anda keluarkan tak terlalu besar terlebih bila Anda sudah mengenal fotografer dengan baik. Uang yang seharusnya digunakan untuk biaya ini bisa dialihkan untuk pos lain di pernikahan Anda seperti untuk catering, dekorasi pernikahan dan masih banyak lagi. Meski murah, namun hasil foto yang didapat tidak murahan.

Tentu saja hal ini bisa Anda dapatkan asalkan Anda bisa memilih jasa prewedding yang terpercaya. Anda bisa menggunakan properti sederhana seperti payung, balon, topi, hingga kacamata sebagai peralatan pendukung. Anda pun juga bisa memilih lokasi yang akrab dengan Anda dan pasangan.

Misalnya saja, di rumah atau kebun dan taman rumah sendiri. Anda bisa berpose lebih leluasa dan natural bila berada di tempat seperti ini ketimbang di tempat alternatif berbayar. Selain itu, Anda juga bebas mengambil gambar berapa lama. Anda tak terikat waktu sewa tempat dengan menggunakan paket sewa prewedding murah.

Tips Menggunakan Jasa Pra-Wedding

Sebelum Anda menggunakan jasa prewedding, ada baiknya Anda menerapkan tips berikut agar mendapatkan penyedia jasa atau fotografer yang terpercaya. Pertama, surveilah jauh-jauh hari. Jangan pernah memilih fotografer menjelang hari pernikahan karena pasti Anda akan asal pilih dan hasil yang didapatkan mungkin tak sesuai dengan keinginan Anda.

Selain itu, Anda juga harus ingat, fotografer bekerja berdasarkan jadwal. Bila fotografer yang Anda tuju punya jadwal banyak, belum tentu Anda bisa menggunakan jasa fotografer tersebut. Selain itu, tentukan juga anggaran yang Anda butuhkan. Biaya untuk foto prewedding ini sebenarnya tidak murah.

Anda harus menyediakan dana untuk sewa tempat, bayar fotografer, menyediakan aksesoris foto dan lain sebagainya. Pastikan dana yang Anda poskan untuk sesi ini mencukupi. Selain itu, ada baiknya Anda menentukan ide foto prewedding yang diinginkan. Ide yang dimaksud bisa tentang tema foto ataupun yang berhubungan dengan sejarah pasangan.

Ketika Anda mengemukakan pendapat Anda mengenai ide konsep yang diinginkan, lihatlah bagaimana tanggapan fotografernya. Biasanya, ada fotografer yang langsung terima, ada juga yang merasa keberatan. Anda harus tahu alasan mereka. Biasanya, alasan fotografer yang menolak atau keberatan cukup banyak terlebih bila ide tersebut bermasalah.

Ide yang dimaksud bermasalah itu semisal mengambil tempat yang sulit dijangkau, biaya yang tak masuk akal, peralatan yang tak sesuai dengan konsep dan lainnya. Diskusilah mengenai yang terbaik untuk sesi foto prewedding Anda. Bersikaplah terbuka agar Anda dan fotografer menemukan konsep yang sesuai dan baik.

Lalu, jangan lupa untuk melihat album contoh fotografer yang mereka miliki. Di kantornya, biasanya Anda bisa menemukan albumnya dengan mudah. Anda bisa melihat foto untuk menentukan seberapa baik kemampuan dan hasil foto dari fotografer tersebut. Anda bisa melihat kekurangan dan kelemahan dari si fotografer dari hasil fotonya.

Jangan lupa untuk masalah harga. Pastikan harga yang dikenakan fotografer masuk akal. Anda harus tahu bahwa paket prewedding itu biasanya berbeda-beda. Harganya juga pasti berbeda-beda tergantung dari lokasi, jumlah pengambilan foto dan lainnya. Jadi, pastikan harganya tak memberatkan Anda.

Keuntungan Menggunakan Aziz Photography Murah

Bila Anda bingung harus memilih jasa fotografi yang terpercaya untuk sesi prewedding, gunakan saja jasa Aziz Photography. Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan menggunakan jasanya. Pertama, harga yang ditawarkan terjangkau di kantong. Anda bisa bebas memilih konsep yang diinginkan dan disesuaikan dengan paket yang tersedia.

Selain masalah paket, Anda juga bisa menyesuaikan dengan jumlah pengambilan foto dan fasilitas yang diinginkan. Keunggulan lainnya adalah Anda tak perlu repot lagi mempersiapkan berbagai hal untuk kepentingan pengambilan foto. Sebab, semua sudah disediakan pihak Aziz Photography dan Anda bisa langsung datang saja.

Tentu saja, hasil foto dan video yang didapat jauh lebih bagus dari memfoto sendiri. Dengan menggunakan jasa fotografer dari Aziz Photography, Anda bisa mendapatkan penanganan foto dari orang yang terbaik dan ahli di bidangnya serta hasil foto yang tentunya sangat memuaskan.

Jadi, Anda sudah tahu mengenai sejarah fotografi prewedding dan apa saja alasan mengapa saat ini banyak orang yang menggunakannya, kan? Kalau Anda ingin mengambil sesi foto ini juga, Anda bisa gunakan jasa Aziz Photography saja. Dijamin, hasil foto dan videonya bagus dan memuaskan. Masalah harga, Anda juga tak perlu khawatir karena cukup terjangkau!