Franchise Bakwan Malang

Ummi Cahyati Januari 4, 2023 0 Comments

Franchise Bakwan Malang: Seberapa Profitable untuk Pemula? 

Franchise bakwan Malang merupakan salah satu bisnis yang belakangan ini banyak digandrungi oleh masyarakat, khususnya generasi muda yang baru belajar berbisnis. Namun di samping cara mengerjakannya, apa saja informasi yang bisa Anda peroleh dari bisnis yang satu ini?

Pengertian Franchise untuk Pemula 

Franchise merupakan salah satu tipe bisnis yang dimiliki sekaligus dioperasikan oleh individu-individu yang berbeda. Namun, tetap dinaungi oleh nama brand yang sama, sehingga mereknya akan terlihat sangat besar dan tersebar dimana-mana.

Banyak sekali contoh franchise yang bisa Anda temukan di sekitar, contohnya adalah McDonald’s, Ace Hardware, Pizza Hut, KFC, Burger King dan lainnya.

Franchise bakwan Malang juga sama dengan franchise yang lainnya, yakni merupakan sebuah usaha yang mana dinaungi oleh brand yang sama, brand apa pun itu. Di samping itu, Anda bisa membukanya secara berkelompok di beberapa titik tertentu untuk memaksimalkan penjualan.

Menurut Hukum Pemerintah Indonesia, waralaba atau franchise merupakan sebuah perikatan dimana salah satu pihaknya diberikan hak untuk memanfaatkan sekaligus menggunakan hak dari kekayaan intelektual. Pertemuan dari ciri khas suatu usaha yang dimiliki pihak lain ini biasanya berbentuk penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa yang disesuaikan dengan persyaratan.

Asosiasi Franchise Indonesia pun menjelaskan bahwa waralaba memiliki definisi sebagai suatu sistem pendistribusian barang maupun jasa kepada pelanggan. Yang mana franchisor mempunyai tugas untuk  memberikan hak kepada individu atau perusahaan lain untuk menjalankan bisnis.

Biasanya, hal ini juga membuat franchise lain bisa menggunakan brand, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang sama. Dimana hal ini telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu dan meliputi area tertentu, sehingga tidak akan ada istilah franchise yang sama berada dalam jangkauan yang terlalu dekat.

Maka dari itu, waralaba ini sama saja dengan membeli hak kepemilikan untuk membuka sebuah waralaba. Sebab Anda juga membeli hak dari sistem bisnis, sistem harga, produk, serta teknik marketing yang sama dari franchise tersebut, itulah yang membuat waralaba banyak digandrungi.

Sebab di dalamnya, Anda tidak perlu terlalu khawatir dengan yang namanya branding. Contohnya untuk franchise bakwan Malang, dimana biasanya di dalam waralaba ini sendiri telah ditentukan bagaimana cara promosi serta cara menjalankan bisnis yang benar.

Baca Juga  Cara Daftar Tamasia

Tips Menjalankan Bisnis Waralaba atau Franchise Bakwan Malang

Berbagai tips bisnis mungkin bisa Anda gunakan untuk menjalankan waralaba, khususnya franchise bakwan Malang. Dimana hal ini sendiri akan cukup menguntungkan jika dijalankan, beberapa di antaranya adalah:

  1. Buat Waralaba Anda Agar Memiliki Ciri Khas yang Menarik

    Untuk menjalankan suatu bisnis, bal pertama yang harus Anda pastikan adalah membuat produk atau poin lain yang memiliki ciri khas tersendiri dari bisnis tersebut. Contoh paling mudahnya adalah menambahkan fasilitas tambahan pada outlet Anda misalnya, dimana tampilan dari waralaba Anda sendiri akan tampak lebih berbeda dari waralaba lainnya yang bergerak di bidang serupa.
    Meski sebetulnya, berbagai fasilitas yang disediakan oleh franchise sendiri sudah lengkap, namun Anda bisa menambahkan printilan pendukung agar tampak lebih bagus. Meski franchise bakwan Malang merupakan waralaba yang sudah terjamin bagaimana menjalankannya, namun Anda tetap harus menambahkan keunikan yang bisa menggiring pelanggan agar tertarik.
    Dengan menambahkan printilan lain, Anda dapat menciptakan poin diferensiasi antara waralaba Anda dengan yang lainnya, karena hal semacam ini memang penting. Untuk dapat menguasai pasar, ciptakanlah sesuatu yang baru dan unik sehingga orang berpikir bahwa ide yang Anda bawa merupakan sesuatu yang segar dan baru.
    Orang-orang tidak akan bisa melewatkan hal semacam itu jika Anda memiliki daya tarik yang bagus, khususnya dari bisnis dan fasilitasnya.

  2. Miliki Catatan Keuangan yang Jelas 

    Hal selanjutnya yang wajib Anda miliki sebagai franchisee adalah memiliki catatan keuangan, yang mana sebenarnya sama saja dengan pebisnis pada umumnya. Untuk menjalankan bisnis franchise bakwan Malang, Anda perlu melakukan pembukuan keuangan secara rutin baik secara sistem atau manual dengan teliti dan cermat.
    Siapa bilang pembukuan dan laporan keuangan harus dilakukan saat bisnis Anda sudah besar? Karena nyatanya, bahkan jika bisnis yang Anda miliki belum termasuk besar, Anda tetap harus memiliki pencatatan transaksi sekaligus keuangan secara menyeluruh. 
    Mengapa demikian? Sebab dengan memiliki catatan keuangan yang baik, Anda bisa melihat dan mengetahui perkembangan bisnis yang dijalankan secara berkala.
    Dimana hal ini sendiri penting untuk melihat apakah Anda mengalami kenaikan atau bahkan kemunduran, dan dari mana hal semacam itu berasal. Bisa saja karena sistem yang dijalankan ternyata melenceng.

  3. Waralaba Wajib Memiliki SOP yang Jelas

    Tetapkan standar operasional prosedur (SOP) pada pekerjaan Anda, tidak hanya pada waralaba, hal semacam ini sangat lumrah untuk berbagai bisnis. Sebab jika Anda memiliki pedoman dan acuan semua karyawan Anda termasuk Anda sendiri dalam menjalankan fungsinya masing-masing, maka bisnis bisa lebih tertata.
    Dengan SOP yang jelas, Anda dapat memiliki standar kualitas yang serupa dengan franchise lainnya, bahkan bisa saja lebih bagus dan terstruktur. Dimulai dari proses sampai prospek, Anda bahkan bisa membuatnya lebih mudah dan lancar sehingga tidak akan kalah dengan berbagai waralaba lain di luaran sana.

  4. Ikuti Pelatihan dari Franchisee untuk Pengalaman Berbisnis Lebih Baik

    Berbeda dengan bisnis kebanyakan, franchise bakwan Malang biasanya menyediakan semacam pelatihan pada berbagai pelaku bisnisnya secara berkala. Hal ini dilakukan untuk melatih para pebisnis muda agar profesional dalam hal pelayanan, karena meski berbeda, Anda tetap ditempatkan di bawah naungan brand yang sama.
    Sehingga penting untuk menjaga citra sebuah produk agar tidak jatuh atau bahkan rusak di mata pelanggan dan kompetitor. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memiliki standar kualitas produk dan layanan, Anda juga tidak boleh melupakan bagian bahan produksi, peralatan dapur, seragam karyawan, dan hal-hal lainnya.

  5. Lakukan Riset Pasar Secara Menyeluruh

    Dalam semua hal, pasti harus ada yang namanya riset, sebab tanpa reset, Anda bisa saja meleset. Riset juga diperlukan agar Anda bisa membuat konten yang bagus sehingga bisnis jadi dikenal oleh calon konsumen dan mempunyai jangkauan yang lebih banyak lagi.
    Maka hal ini juga berhubungan dengan sasaran dan dapat memberikan keuntungan serta perkembangan yang signifikan pada bisnis yang dijalankan. Dengan melakukan riset sebagai salah satu menentukan cara usaha yang baik, Anda juga nantinya dapat menemukan keuntungan dan kekurangan dari jenis usaha yang akan Anda jalani nantinya, dan berkesempatan menambal apa kekurangan yang ada. 
    Mengetahui ‘kelemahan’ usaha Anda akan sangat penting untuk awal karena tidak semua usaha bisa sempurna. Ada kalanya memang hal semacam ini bisa mengganggu, namun jika Anda pintar, maka jalan keluarnya akan ditemukan.

  6. Buat Relasi dengan Berbagai Orang

    Relasi sangat diperlukan oleh pebisnis, khususnya oleh penjual makanan, dimana hal ini bisa masuk ke tahap branding juga. Mempopulerkan sesuatu yang baru memang bukanlah hal mudah, apalagi jika merek yang menaungi Anda masih seperti bayi yang baru lahir.
    Maka dari itu, menjalin relasi yang baik dengan artis dan writer sangat disarankan untuk menambah promosi, entah itu di website, blog, atau bahkan di sosial media.

  7. Perhitungan Modal yang Akan Dikeluarkan

    Modal merupakan dana yang harus dikeluarkan oleh Anda ketika hendak melakukan sesuatu agar persiapan bisa lebih matang. Namun selalu lah ingat bahwa tidak semua bisnis harus dijalankan dengan modal yang besar, seperti bisnis franchise bakwan ini, yang mana biasanya biaya yang harus dikeluarkan sedikit.
    Sebab yang namanya waralaba, Anda sudah dibekali dengan berbagai peralatan dari penyedia franchise itu sendiri. Dimulai dari tempat dagangan, entah menggunakan gerobak atau yang lain, standar pemasaran, bahkan printilan lain seperti celemek khusus atau seragam.

  8. Strategi Promosi Perkaya Wawasan Pelanggan Tentang Produk Anda

    Melakukan promosi franchise bakwan Malang kini bisa dilakukan dengan mudah karena sudah banyak tools yang bisa digunakan dalam pembuatannya. Sudah banyak aplikasi yang menawarkan keuntungan asal Anda mau menggunakannya, contohnya untuk membuat banner dan poster.

  9. Pilih Tempat Strategis yang Banyak Dikunjungi Orang

    Menyesuaikan tempat juga hal yang sangat penting, sebab jika Anda buka di tempat yang kurang memadai, siapa yang akan membeli? Maka gunakanlah tempat strategis yang gampang dilalui orang namun tetap aman dan nyaman.
    Apalagi biasanya bisnis waralaba sangat mudah menentukan tempat, khususnya di sisi jalanan untuk mempermudah akses pembeli dalam meraihnya.

  10. Rekrut Karyawan yang Bertanggung Jawab dan Profesional

    Rekrut karyawan merupakan hal yang tak boleh Anda lewatkan ketika usaha franchise sudah merangkak naik menjadi lebih besar. Mencari orang yang bertanggung jawab dan profesional sangat susah, namun bukan berarti tidak ada.
    Maka dari itu, merekrut karyawan yang layak adalah sesuatu yang wajib dilakukan agar usaha semakin maju dengan baik tanpa adanya kecurangan di dalam bisnis tersebut.

Baca Juga  Apa itu Algoritma Rank Brain

Kesimpulan Tentang Peluang Franchise Bakwan Malang

Franchise bakwan Malang merupakan waralaba yang sangat menguntungkan untuk dijalankan, namun Anda juga harus memiliki pertimbangan. Di antaranya adalah beberapa yang disebutkan sebelumnya.

Namun jika tidak mengambil resiko, bukankah Anda tidak akan pernah tahu? Jadi, apakah Anda akan mengambil kesempatan untuk terjun ke bisnis franchise semacam ini?

AboutUmmi Cahyati
Ummi Cahyati Merupakan Content Spesialis dan Kontributor di Studiosmartapps, Berpengalaman di Bidang Penulisan Digital Marketing Termasuk ( SEO, SEM, SMM, dan juga Website).  dan juga Banyak Juga Menjadi Kontributor di Beberapa Media Penulisan Ternama di Indonesia.