Google Search Console Tools Wajib Penunjang SEO

Ummi Cahyati Januari 2, 2023 0 Comments

Mengenal Google Search Console

Google Search Console adalah alat gratis yang diberikan oleh Google yang membantu webmaster atau pemilik situs web mengawasi kinerja situs web di mesin pencari Google. Dengan menggunakan Google Search Console, Anda dapat memantau indeksasi situs web, menemukan dan memperbaiki masalah yang mungkin mempengaruhi kinerja situs web di mesin pencari, dan mengetahui bagaimana situs web Anda ditemukan oleh pengguna.

Google Search Console menyediakan berbagai informasi yang berguna bagi webmaster, seperti:

  1. Jumlah klik dan impresi situs web Anda di mesin pencari Google.
  2. Kata kunci yang menyebabkan situs web Anda muncul di halaman hasil pencarian.
  3. Situs web yang memberikan tautan ke situs web Anda.
  4. Masalah yang mungkin mempengaruhi kinerja situs web di mesin pencari, seperti konten yang tidak dapat diakses oleh mesin pencari.

Dengan menggunakan Google Search Console, Anda dapat memantau kinerja situs web Anda di mesin pencari dan memperbaiki masalah yang mungkin mempengaruhi kinerja situs web di mesin pencari.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk mendaftarkan situs web Anda ke Google Search Console:

  1. Buka situs Google Search Console di https://search.google.com/search-console/about.
  2. Klik tombol “Start Now” di halaman utama.
  3. Masuk ke akun Google Anda jika diminta.
  4. Klik tombol “Add a property” di halaman selanjutnya.
  5. Masukkan URL situs web Anda di kolom yang tersedia, lalu klik tombol “Continue”.
  6. Pilih metode verifikasi situs web Anda. Google Search Console menyediakan beberapa pilihan verifikasi, seperti menambahkan kode verifikasi ke halaman situs web Anda, mengupload file verifikasi, atau menggunakan tag DNS. Pilih metode yang sesuai dengan kemampuan Anda dan ikuti langkah-langkah yang diberikan.
  7. Setelah verifikasi selesai, situs web Anda akan terdaftar di Google Search Console. Anda dapat mulai menggunakan alat ini untuk memantau kinerja situs web Anda di mesin pencari.
Baca Juga  Peluang Bisnis Online Terpercaya

Ada beberapa keuntungan yang dapat Anda dapatkan dengan mendaftarkan situs web Anda ke Google Search Console, di antaranya:

  1. Memantau kinerja situs web di mesin pencari: Google Search Console membantu Anda memantau kinerja situs web di mesin pencari dengan menyediakan data tentang jumlah klik, impresi, dan kata kunci yang menyebabkan situs web Anda muncul di halaman hasil pencarian.
  2. Menemukan dan memperbaiki masalah yang mungkin mempengaruhi kinerja situs web: Google Search Console dapat memberi tahu Anda jika ada masalah yang mungkin mempengaruhi kinerja situs web di mesin pencari, seperti konten yang tidak dapat diakses oleh mesin pencari. Dengan mengetahui masalah tersebut, Anda dapat memperbaikinya sehingga situs web Anda dapat lebih optimal di mesin pencari.
  3. Memperoleh informasi tentang situs web yang memberikan tautan ke situs web Anda: Google Search Console menyediakan informasi tentang situs web yang memberikan tautan ke situs web Anda. Ini dapat membantu Anda mengetahui situs web yang membantu meningkatkan kepopuleran situs web Anda di mesin pencari.
  4. Meningkatkan keamanan situs web: Google Search Console juga membantu Anda meningkatkan keamanan situs web dengan memberi tahu Anda jika ada masalah keamanan yang terdeteksi.

Menu yang ada di Google Search Console

Dengan mendaftarkan situs web Anda ke Google Search Console, Anda dapat memantau kinerja situs web di mesin pencari, menemukan dan memperbaiki issue yang ada di website anda.Google Search Console menyediakan berbagai menu yang dapat Anda gunakan untuk memantau dan mengoptimalkan kinerja situs web Anda di mesin pencari, di antaranya:

  1. Dashboard: Menampilkan ringkasan kinerja situs web Anda di mesin pencari, seperti jumlah klik, impresi, dan tingkat klik (CTR).
  2. Performance: Menampilkan data tentang kinerja situs web Anda di mesin pencari dalam jangka waktu tertentu, seperti jumlah klik, impresi, tingkat klik (CTR), dan posisi halaman web di halaman hasil pencarian (SERP).
  3. Coverage: Menampilkan data tentang halaman web yang telah diindeks oleh mesin pencari dan masalah yang mungkin mempengaruhi indeksasi halaman web.
  4. Sitemaps: Menampilkan data tentang sitemap yang telah Anda daftarkan dan halaman web yang telah diindeks oleh mesin pencari berdasarkan sitemap tersebut.
  5. Security & Manual Actions: Menampilkan data tentang masalah keamanan yang terdeteksi di situs web Anda dan tindakan manual yang mungkin telah dilakukan oleh Google terhadap situs web Anda.
  6. Mobile Usability: Menampilkan data tentang masalah yang mungkin mempengaruhi kegunaan situs web Anda di perangkat seluler.
  7. Core Web Vitals: Menampilkan data tentang kinerja situs web Anda dalam hal core web vitals, yaitu faktor yang dipertimbangkan oleh Google dalam menentukan posisi situs web di halaman hasil pencarian.
  8. Links: Menampilkan data tentang tautan yang masuk ke situs web Anda dan situs web yang memberikan tautan ke situs web Anda.
  9. Search Appearance: Menampilkan data tentang bagaimana situs web Anda muncul di pencarian google.
Baca Juga  Distributor face shield

Kesimpulan Google Search Console

Google Search Console menyediakan berbagai menu yang dapat Anda gunakan untuk memantau dan mengoptimalkan kinerja situs web Anda di mesin pencari, seperti Performance, Coverage, Sitemaps, dan lainnya. Namun untuk bersaing dalam SEO kamu bisa lakukan optimisasi sendiri atau menggunakan jasa seo . Dengan mendaftarkan situs web Anda ke Google Search Console, Anda dapat memantau kinerja situs web di mesin pencari, menemukan dan memperbaiki masalah yang mungkin mempengaruhi kinerja situs web di mesin pencari, dan memperoleh informasi tentang situs web yang memberikan tautan ke situs web Anda.

AboutUmmi Cahyati
Ummi Cahyati Merupakan Content Spesialis dan Kontributor di Studiosmartapps, Berpengalaman di Bidang Penulisan Digital Marketing Termasuk ( SEO, SEM, SMM, dan juga Website).  dan juga Banyak Juga Menjadi Kontributor di Beberapa Media Penulisan Ternama di Indonesia.