Mengenal Longtail Keyword Si Panjang Namun Efektif

Ummi Cahyati Januari 2, 2023 0 Comments

Apa Itu Longtail Keyword

Longtail keyword adalah frase atau kata kunci yang terdiri dari tiga atau lebih kata dan lebih spesifik daripada kata kunci yang lebih umum. Longtail keyword sering digunakan dalam pencarian di internet karena lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari dan lebih tepat sasaran daripada kata kunci yang lebih umum.

Contoh longtail keyword adalah “cara membuat nasi goreng ayam” atau “toko bunga online terpercaya di Jakarta”. Longtail keyword sering digunakan oleh pemilik website yang ingin menargetkan audiens yang lebih spesifik dan terfokus.

Longtail keyword biasanya memiliki tingkat kompetisi yang lebih rendah daripada kata kunci yang lebih umum, sehingga lebih mudah bagi website untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian mesin pencari. Selain itu, longtail keyword juga lebih mudah ditemukan oleh audiens yang sedang mencari informasi spesifik di internet.

Dengan demikian, longtail keyword dapat menjadi pilihan yang baik bagi pemilik website yang ingin menargetkan audiens yang lebih spesifik dan meningkatkan traffic website mereka.

Seberapa Efektif Penggunaan Longtail Keyword :

Longtail keyword dapat sangat efektif dalam meningkatkan traffic website Anda dan menargetkan audiens yang lebih spesifik. Berikut adalah beberapa alasan mengapa longtail keyword efektif:

  1. Tingkat kompetisi yang lebih rendah: Longtail keyword biasanya memiliki tingkat kompetisi yang lebih rendah daripada kata kunci yang lebih umum, sehingga lebih mudah bagi website untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian mesin pencari.
  2. Audiens yang lebih tepat sasaran: Longtail keyword lebih spesifik daripada kata kunci yang lebih umum, sehingga lebih mudah ditemukan oleh audiens yang sedang mencari informasi spesifik di internet. Ini berarti bahwa audiens yang Anda targetkan dengan longtail keyword lebih terfokus dan lebih mungkin untuk tertarik dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan.
  3. Tingkat konversi yang lebih tinggi: Karena audiens yang Anda targetkan dengan longtail keyword lebih terfokus dan lebih mungkin tertarik dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan, maka tingkat konversi website Anda juga lebih tinggi. Ini berarti bahwa lebih banyak orang yang mengunjungi website Anda akan melakukan tindakan yang diinginkan, seperti membeli produk atau mengisi formulir kontak.
  4. Mengoptimalkan penggunaan konten: Longtail keyword memungkinkan Anda untuk menargetkan audiens yang lebih spesifik dengan konten yang lebih terfokus. Ini berarti bahwa Anda dapat menyajikan konten yang lebih bermanfaat dan relevan bagi audiens Anda, sehingga meningkatkan tingkat engagement dan kepuasan audiens.
Baca Juga  Cara Daftar Aplikasi Wish

Dengan demikian, longtail keyword dapat menjadi pilihan yang efektif bagi pemilik website yang ingin menargetkan audiens yang lebih spesifik dan meningkatkan traffic website mereka. Adapun penggunaan longtail keyword harus dilakukan secara tepat sasaran dari target audience atau user.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk memaksimalkan penggunaan longtail keyword di website Anda:

  1. Tentukan audiens yang ingin Anda targetkan: Sebelum memulai penggunaan longtail keyword, pastikan bahwa Anda telah menentukan audiens yang ingin Anda targetkan. Ini akan membantu Anda menentukan longtail keyword yang tepat untuk website Anda.
  2. Cari longtail keyword yang sesuai: Setelah menentukan audiens yang ingin Anda targetkan, carilah longtail keyword yang sesuai dengan audiens tersebut. Anda dapat menggunakan alat seperti Google Keyword Planner atau Ahrefs atau tools keyword sugestion untuk mencari longtail keyword yang sesuai.
  3. Gunakan longtail keyword di judul dan deskripsi website: Gunakan longtail keyword di judul dan deskripsi website Anda untuk membantu mesin pencari mengerti apa yang terdapat di website Anda. Ini juga akan membantu audiens menemukan website Anda dengan lebih mudah.
  4. Gunakan longtail keyword di konten website: Gunakan longtail keyword di konten website Anda untuk membantu mesin pencari mengerti apa yang terdapat di website Anda. Pastikan untuk tidak memaksakan penggunaan longtail keyword dan tetap menyajikan konten yang bermanfaat dan berkualitas tinggi.
  5. Optimalkan penggunaan longtail keyword: Optimalkan penggunaan longtail keyword di website Anda dengan memastikan bahwa keyword tersebut tersebar secara merata di konten website Anda. Jangan lupa untuk menggunakan longtail keyword di meta deskripsi dan judul tag juga.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat memaksimalkan penggunaan longtail keyword di website Anda dan meningkatkan traffic website Anda serta menargetkan audiens yang lebih spesifik.

Baca Juga  Peluang Usaha Franchise Bakmi
AboutUmmi Cahyati
Ummi Cahyati Merupakan Content Spesialis dan Kontributor di Studiosmartapps, Berpengalaman di Bidang Penulisan Digital Marketing Termasuk ( SEO, SEM, SMM, dan juga Website).  dan juga Banyak Juga Menjadi Kontributor di Beberapa Media Penulisan Ternama di Indonesia.