Apa Itu Anchor TXT dan Cara Penerapanya

Ummi Cahyati Januari 15, 2023 0 Comments

Pengertian Anchor TXT

Anchor text adalah teks yang digunakan untuk mengaitkan satu halaman web dengan halaman lain. Anchor text biasanya ditampilkan sebagai hyperlink yang dapat diklik oleh pengguna untuk menavigasi ke halaman yang dituju. Dalam SEO, anchor text yang tepat dapat membantu meningkatkan peringkat halaman web dalam hasil pencarian.

Anchor text memiliki beberapa manfaat dalam SEO, diantaranya:

  1. Memberikan konteks untuk halaman yang dituju: Anchor text memberikan informasi tentang topik halaman yang dituju, yang dapat membantu mesin pencari untuk menentukan relevansi halaman tersebut untuk pencarian yang spesifik.
  2. Membantu mesin pencari menentukan autoritas: Jika anchor text yang digunakan dalam tautan dari situs web lain yang memiliki autoritas yang baik, itu dapat membantu meningkatkan peringkat halaman yang dituju dalam hasil pencarian.
  3. Menambah popularitas: Anchor text yang digunakan dalam tautan dari situs web lain dapat meningkatkan traffic ke halaman yang dituju, yang dapat membantu meningkatkan popularitas dan peringkat halaman tersebut.
  4. Menambah backlink: Anchor text dapat digunakan untuk menambah jumlah backlink yang masuk ke suatu halaman, yang dapat membantu meningkatkan peringkat halaman tersebut dalam hasil pencarian.

Contoh anchor text dapat dilihat dalam tautan yang ditemukan dalam sebuah halaman web. Ini dapat ditampilkan sebagai teks yang dapat diklik, yang mengarahkan pengguna ke halaman lain. Contohnya :

  • “Learn more about SEO” (yang di linkkan ke halaman tentang SEO)
  • “Check out our latest products” (yang di linkkan ke halaman produk terbaru)
  • “Read our company’s mission statement” (yang di linkkan ke halaman statement misi perusahaan)
Baca Juga  Mengenal The Great Asia Africa

Atau dalam bentuk HTML :

Contoh anchor text dapat dilihat dalam tautan yang ditemukan dalam sebuah halaman web. Ini dapat ditampilkan sebagai teks yang dapat diklik, yang mengarahkan pengguna ke halaman lain. Contohnya :

  • “Learn more about SEO” (yang di linkkan ke halaman tentang SEO)
  • “Check out our latest products” (yang di linkkan ke halaman produk terbaru)
  • “Read our company’s mission statement” (yang di linkkan ke halaman statement misi perusahaan)

Dalam bentuk HTML :

<a href="https://www.example.com/seo">Learn more about SEO</a>

Mancam Macam Anchor txt:

1. Anchot txt dofollow

Anchor text “dofollow” adalah jenis anchor text yang memberi tahu mesin pencari bahwa link yang ditemukan dalam teks tersebut harus diikuti dan diperhitungkan dalam perhitungan peringkat halaman web. Ini berarti bahwa link tersebut akan menyumbang ke autoritas halaman yang dituju dan dapat membantu meningkatkan peringkat halaman tersebut dalam hasil pencarian.

Contoh penggunaan anchor text “dofollow” dalam HTML:

<a href="https://www.example.com" rel="dofollow">Example website</a>

2. Anchor txt Nofollow

Anchor text “nofollow” adalah jenis anchor text yang memberi tahu mesin pencari bahwa link yang ditemukan dalam teks tersebut tidak harus diikuti dan tidak diperhitungkan dalam perhitungan peringkat halaman web. Ini berarti bahwa link tersebut tidak akan menyumbang ke autoritas halaman yang dituju dan tidak akan membantu meningkatkan peringkat halaman tersebut dalam hasil pencarian.

Contoh penggunaan anchor text “nofollow” dalam HTML:

<a href="https://www.example.com" rel="nofollow">Example website</a>

Penggunaan anchor text “nofollow” umumnya digunakan pada tautan yang tidak diinginkan atau tidak dipercayai, seperti spam atau tautan afiliasi.

3. Anchor txt Sponsored

Anchor text “sponsored” adalah jenis anchor text yang digunakan untuk menandai tautan yang dibayar atau yang diterima dalam bentuk imbalan. Penggunaan anchor text ini diharuskan oleh kebijakan Google untuk transparansi dan membantu pengguna untuk mengetahui tautan yang tidak alami atau tidak independen.

Baca Juga  Cara Daftar Ipaymu

Contoh penggunaan anchor text “sponsored” dalam HTML:

<a href="https://www.example.com" rel="sponsored">Example website</a>

Penggunaan anchor text “sponsored” harus digunakan pada tautan yang diterima dalam bentuk imbalan, seperti tautan afiliasi, tautan pembayaran atau tautan dari program pemasaran. Penggunaan ini harus dilakukan agar tidak melanggar kebijakan Google dan dapat membantu menjaga kredibilitas dari website yang digunakan.

4. Anchor txt UGC

Anchor text “ugc” adalah jenis anchor text yang digunakan untuk menandai tautan yang diterima dari pengguna (user generated content). Penggunaan anchor text ini diharuskan oleh kebijakan Google untuk transparansi dan membantu pengguna untuk mengetahui tautan yang tidak dikontrol oleh pemilik website.

Contoh penggunaan anchor text “ugc” dalam HTML:

<a href="https://www.example.com" rel="ugc">Example website</a>

Penggunaan anchor text “ugc” harus digunakan pada tautan yang diterima dari pengguna, seperti komentar di blog, posting di forum, dll. Penggunaan ini harus dilakukan agar tidak melanggar kebijakan Google dan dapat membantu menjaga kredibilitas dari website yang digunakan.

Perlu diingat bahwa kebijakan Google mengenai anchor text “ugc” dan “sponsored” adalah wajib, artinya jika website anda menerima link dari user generated content maupun link yang diterima dalam bentuk imbalan, harus menggunakan atribut rel “ugc” atau “sponsored” untuk menandainya agar tidak melanggar kebijakan Google.

Beberapa tips untuk mengoptimalkan anchor text dalam SEO adalah:

  1. Variasikan anchor text: Gunakan beragam jenis anchor text, seperti exact match, partial match, brand, dan generic, untuk menghindari pengujian pengujian yang sama.
  2. Gunakan anchor text yang relevan: Anchor text harus relevan dengan konten halaman yang dituju.
  3. Hindari anchor text yang over-optimized: Menggunakan terlalu banyak anchor text yang sama dapat dianggap sebagai pengujian dan dapat mengurangi peringkat halaman web.
  4. Gunakan anchor text yang natural: Anchor text harus terlihat alami dan tidak terlihat seperti pengujian.
  5. Jangan lupa menggunakan nofollow untuk tautan yang tidak diinginkan atau tidak dipercayai: Gunakan atribut rel=”nofollow” pada tautan yang tidak diinginkan atau tidak dipercayai seperti spam atau tautan afiliasi.
  6. Menggunakan atribut rel=”sponsored” atau rel=”ugc” jika diterima dalam bentuk imbalan atau dari user generated content.
  7. Gunakan anchor text yang menarik: Anchor text yang menarik akan membuat pengguna lebih mungkin untuk mengklik dan mengunjungi halaman yang dituju.
  8. Gunakan anchor text yang konsisten: Gunakan anchor text yang sama atau serupa untuk tautan yang mengarah ke halaman yang sama.
  9. Gunakan anchor text yang sesuai dengan konteks: Anchor text harus sesuai dengan konteks dari paragraf atau konten di mana ia ditemukan.
Baca Juga  Update Google Terbaru Helpfull Content
AboutUmmi Cahyati
Ummi Cahyati Merupakan Content Spesialis dan Kontributor di Studiosmartapps, Berpengalaman di Bidang Penulisan Digital Marketing Termasuk ( SEO, SEM, SMM, dan juga Website).  dan juga Banyak Juga Menjadi Kontributor di Beberapa Media Penulisan Ternama di Indonesia.