JavaScript Seo Tidak Seo Friendly Mitos Atau Fakta?

Banyu Biru Januari 5, 2023 0 Comments

Pengertian Java Script

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk menambahkan interaksi dan fitur-fitur dinamis pada website. JavaScript dapat dijalankan di browser web, sehingga dapat membuat website menjadi lebih interaktif dan menyenangkan untuk digunakan. JavaScript juga dapat digunakan untuk membuat aplikasi web yang berjalan di browser, seperti game, aplikasi pengolah data, dan aplikasi kolaborasi.

JavaScript merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang mudah dipelajari, fleksibel, dan sering digunakan oleh pengembang web. JavaScript dapat digunakan bersama-sama dengan HTML (Hypertext Markup Language) dan CSS (Cascading Style Sheets) untuk membangun website yang menarik dan interaktif.

Penggunaan JavaScript dalam Website

Berikut ini adalah beberapa contoh fungsi JavaScript dalam website:

  1. Menambahkan animasi dan efek visual yang menarik, seperti transisi, hover effect, dan parallax scrolling.
  2. Memvalidasi input form sebelum data dikirim ke server, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan atau kecurangan.
  3. Memuat konten secara dinamis tanpa perlu memuat ulang halaman, dengan menggunakan teknik seperti AJAX atau lazy loading.
  4. Menambahkan fitur-fitur interaktif seperti sliders, accordions, dan modals.
  5. Membuat aplikasi web yang berjalan di browser, seperti game, aplikasi pengolah data, dan aplikasi kolaborasi.
  6. Menampilkan notifikasi, alert, dan pop-up yang membantu meningkatkan interaksi dengan pengguna.
  7. Menambahkan fitur-fitur yang meningkatkan kemudahan penggunaan website, seperti fitur auto-complete, smooth scrolling, dan fitur-fitur responsive.

Apakah Mempengaruhi Kinerja SEO

Javascript tidak secara langsung mempengaruhi SEO (Search Engine Optimization). Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan Javascript agar tidak merugikan SEO:

  1. Pastikan search engine bots dapat mengindeks konten yang ditampilkan oleh Javascript. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan teknik seperti server-side rendering atau dynamic rendering.
  2. Hindari menggunakan Javascript untuk memuat konten penting. Search engine bots mungkin tidak dapat mengindeks konten yang ditampilkan oleh Javascript dengan baik, sehingga konten tersebut tidak akan memberikan nilai SEO yang baik.
  3. Gunakan tag alt pada gambar yang ditampilkan oleh Javascript. Search engine bots tidak dapat membaca gambar, sehingga tag alt membantu menyediakan konteks untuk gambar tersebut.
  4. Pastikan website Anda masih dapat diakses dan dipahami dengan baik jika Javascript dinonaktifkan. Beberapa orang mungkin mematikan Javascript untuk alasan keamanan atau kompatibilitas, sehingga website Anda harus dapat berfungsi dengan baik tanpa Javascript.
Baca Juga  Cara Daftar Aplikasi Wish

Hal yang Harus diperhatikan dalam Menggunakan JavaScript

Sebagian besar search engine, termasuk Google, telah mampu mengindeks konten yang ditampilkan oleh Javascript dengan baik. Namun, tetap perlu diperhatikan hal-hal di atas agar tidak terjadi masalah dengan SEO.

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat Javascript yang SEO-friendly:

  1. Gunakan server-side rendering atau dynamic rendering untuk memastikan search engine bots dapat mengindeks konten yang ditampilkan oleh Javascript.
  2. Hindari menggunakan Javascript untuk memuat konten penting. Jika perlu, pastikan konten tersebut juga tersedia dalam HTML yang dapat diindeks oleh search engine bots.
  3. Gunakan tag alt pada gambar yang ditampilkan oleh Javascript. Tag alt membantu memberikan konteks untuk gambar tersebut dan memudahkan search engine bots untuk mengindeksnya.
  4. Pastikan website Anda masih dapat diakses dan dipahami dengan baik jika Javascript dinonaktifkan. Beberapa orang mungkin mematikan Javascript untuk alasan keamanan atau kompatibilitas, sehingga website Anda harus dapat berfungsi dengan baik tanpa Javascript.
  5. Jika menggunakan library atau framework Javascript seperti React atau Angular, pastikan untuk mengaktifkan mode server-side rendering atau mengikuti panduan SEO yang disediakan oleh library atau framework tersebut.
  6. Jika menggunakan AJAX atau fitur lain yang memuat konten secara dinamis, pastikan untuk menggunakan teknik seperti AJAX crawling atau hashbang URL untuk memastikan search engine bots dapat mengindeks konten tersebut.
  7. Gunakan teknik seperti lazy loading atau infinite scrolling dengan hati-hati. Teknik ini dapat membantu meningkatkan kinerja website, namun juga dapat menyulitkan search engine bots dalam mengindeks konten.
AboutBanyu Biru
Banyu Biru Adalah Webdeveloper dan Pembuat Aplikasi di Studiosmatapps Mempunyai Hobi Menulis Seputar Website yang Seo Friendly