Cara Mengecek Speed Website

Shara Nurrahmi Oktober 5, 2022 0 Comments

Ada banyak cara mengecek speed website, bisa manual dengan Google atau menggunakan bantuan website  pengecekan kecepatan. Sebelum membahas hal itu ada baiknya untuk mengetahui kenapa speed website sangat penting.

Mengapa Kecepatan Website Sangat Penting? 

Speed website menjadi salah satu faktor penilaian utama dalam menentukan ranking situs sesuai SEO. SEO (search engine optimization) sendiri adalah proses pengoptimalan suatu situs untuk mendapatkan rank lebih tinggi dalam pencarian Google.

SEO dapat membantu meningkatkan eksposur karena website Anda lah yang pertama kali muncul. Namun, SEO juga sangat berpengaruh terhadap reputasi website. Mengapa kecepatan website itu penting? Salah satu alasannya adalah karena ranking dari Google. Selain itu, berikut adalah poin penting mengapa hal ini harus diperhatikan. 

  • Speed website yang tinggi akan bisa memastikan pengalaman pengguna yang mengesankan. Siapa sangka, berdasarkan riset, 47% pengunjung tidak akan menunggu loading lebih dari dua detik pada setiap tampilan. 
  • Kecepatan dan aksesibilitas mempengaruhi peringkat SEO situs website. Misalnya saja apakah halaman Anda mobile friendly atau tidak. Karena berdasarkan riset yang dilakukan Statista, traffic yang diakses melalui smartphone memberikan impact sebanyak 52,3% dari keseluruhan traffic global.
  • Konversi yang mempengaruhi kecepatan. Jumlah pengunjung yang sedikit akan berdampak pada angka konversi yang semakin menurun. Ambil saja contoh sebuah website tempat jual beli, karena website tersebut memakan waktu load yang lama akhirnya pengunjung akan pindah ke website yang lain.
  • Apabila proses loading terlalu lama, pengunjung akan mengira website tersebut adalah website bodong. Akibatnya, ranking dan visibilitas dari Google pun ikut menurun. Ini juga berdampak pada kesan yang diberikan oleh pengunjung.
  • Keuntungan yang didapat akan turun seiring dengan angka kredibilitas website yang ikut mengalami penurunan.

Pengalaman pengguna dalam menjelajahi website adalah salah satu faktor utama dalam penilaian ranking oleh Google. Website yang memiliki kecepatan load yang lamban biasanya akan membuat pengunjung website tidak betah.

Karena idealnya, sebuah website dapat load dengan sempurna hanya dalam 3 detik. Apabila proses loading terlalu lama, pengunjung akan mengira website tersebut adalah website bodong. 

Akibatnya, ranking dan visibilitas dari Google pun ikut menurun. Ini juga berdampak pada kesan yang diberikan oleh pengunjung.

Website akan lebih sering dikunjungi jika loading-nya lebih cepat. Ditambah, pengunjung akan menghabiskan waktu lebih lama untuk scrolling website tersebut. 

Baca Juga  Cara Daftar Cashzine

Jumlah pengunjung yang sedikit akan berdampak pada angka konversi yang semakin menurun. Ambil saja contoh sebuah website tempat jual beli, karena website tersebut memakan waktu load yang lama akhirnya pengunjung akan pindah ke website yang lain.

Keuntungan yang didapat akan berkurang, bukan? Angka kredibilitas dari website pun akan menurun, karena itulah penting untuk menciptakan website dengan kecepatan load yang tinggi.

5 Cara Mengecek Speed Website

Google sudah menyediakan tools untuk mengecek kecepatan website tanpa aplikasi tambahan yaitu PageSpeed Insights. Namun, ada juga beberapa opsi lain sebagai cara mengecek speed website seperti GTMetrix, Webpagetest, Pingdom, dan KeyCDN Speed Test.

Website atau aplikasi manapun yang Anda pilih, hasilnya akan tetap menunjukkan bagaimana kecepatan website Anda. Karena itulah setelah menemukan cara mengecek speed website, Anda harus mengevaluasi dan memperbaiki kecepatan website Anda.

Ada beberapa orang yang belum bisa atau tidak mengetahui cara mengecek speed website. Berikut ini cara mengecek speed website dengan website yang sering dipakai orang-orang.

  1. PageSpeed Insights

    Cara mengecek speed website lewat PageSpeed Insights sebetulnya sangatlah mudah dan sederhana. Pertama cukup ketik “PageSpeed Insights” (tanpa tanda kutip) di kolom pencarian. 
    Klik situs yang pertama kali muncul pada browser Anda. Anda dapat kembali pada website Anda dan menyalin link dari website.
    Saat sudah tersalin, masukkan link url dari website pada kolom yang tersedia. Klik tombol Analyze untuk memulai pengecekan terhadap kecepatan website. 
    Proses pengecekan ini mungkin akan memakan waktu sebentar, jadi Anda harus menunggu. Apabila pengecekan sudah selesai, Anda akan mendapatkan hasil analisis kecepatan website Anda secara menyeluruh. 
    Hasil pengecekan yang dilakukan PageSpeed Insights meliputi First Contentful Paint, First Input Delay, Large Contentful Paint, dan Cumulative Layout Shift. Google PageSpeed Insights juga akan memberikan skor dari 1-100 dari kecepatan website Anda. 
    Semakin tinggi angka yang ditunjukkan, maka kecepatan website Anda lebih cepat. Sebisa mungkin Anda harus mendapatkan angka di atas 50 untuk kecepatan yang di atas rata-rata. 

  2. GTMetrix

    GTMetrix adalah salah satu tool andalan sebagai cara mengecek speed website. Kurang lebih, GTMetrix memberikan hasil yang mirip dengan PageSpeed Insights, ada rekomendasi untuk mengatasi masalah kecepatan website Anda. 
    Caranya sama dengan PageSpeed Insights, cukup ketik “GTMetrix” di kolom pencarian dan klik website teratas. Kemudian, Anda bisa menyalin link website Anda dan memasukkan link ke kolom yang tersedia. 
    Klik tombol Test your site yang ada di bawah kolom dan tunggu proses pengecekan sampai selesai. Proses pengecekan dari GTMetrix akan keluar beberapa saat setelahnya. 
    GTMetrix akan memberikan analisis dari kecepatan website Anda, serta penilaian atas kecepatan website Anda dengan indikator A sampai F. Kecepatan website yang tinggi ditandai dengan huruf A.
    GTMetrix juga akan memberikan detail dari website Anda. Kemudian memberikan solusi yang dapat Anda ambil untuk masalah kecepatan website. 

  3. Webpagetest

    Webpagetest juga menjadi website andalan untuk mengecek kecepatan website karena fiturnya yang beragam. Cukup masuk ke laman webpagetest setelah mencari webpagetest dalam kolom pencarian browser. 
    Kemudian masukkan salinan link website yang ingin dilihat kecepatannya. Anda dapat memilih hasil pengecekan yang umum saja atau yang detail sampai ke data views website pertama dan berulang. 
    Klik tombol Start Test! untuk memulai pengecekan. Apabila pengecekan sudah selesai, dapat diteliti mana bagian yang perlu ditingkatkan dan diperbaiki. 
    Webpagetest menunjukkan hasil analisis yang sangat lengkap dari kecepatan sampai bagaimana pengalaman penggunaan dari website. Disajikan juga data metrik yang dapat membantu Anda untuk melihat mana bagiannya dari website yang perlu untuk diperbaiki.
    Webpagetest juga melampirkan hasil komparasi dari saat membuka website pertama kali dan selanjutnya. Semuanya disajikan dalam angka dan pendapat secara tulisan. 
    Kabar baiknya, semua benefit ini bisa didapatkan secara gratis. Cukup log in ke website Webp

  4. Pingdom

    Opsi lainnya yang dapat digunakan untuk mengecek kecepatan website adalah Pingdom. Dengan tampilan yang khas berwarna kuning, Pingdom dapat menjadi alternatif untuk mengecek speed website bagi pemula. 
    Pertama-tama cari “Pingdom” di kolom pencarian browser dan klik website yang teratas. Langsung masukkan salinan dari link website Anda dan pilih lokasi Anda mengecek website sebagai perbandingan.
    Klik Start Test agar proses mengecek speed website dimulai. Anda mungkin harus menunggu agak lama sebelum hasilnya keluar.
    Jika proses pengecekan telah selesai, tampilan Pingdom akan berganti pada 4 tab yang menunjukkan masalah apa saja yang terjadi dengan kecepatan website Anda. Pingdom akan memberikan penilaian dengan indikator angka 1 sampai 100.
    Kecepatan website tertingginya tentu saja 100 dan yang terendah adalah 1. Namun, jarang sekali ada website yang mendapatkan indikator 1 di setiap performa website.
    Untuk pengecekan yang lebih lanjut dan jangka waktu lama, Anda perlu membayarkan sejumlah yang dibutuhkan setelah trial 30 hari berakhir. Ini mungkin akan jadi pertimbangan untuk Anda, meski begitu Pingdom memberikan hasil tes yang sangat lengkap dengan rekomendasi tertentu. 

  5. KeyCDN Speed Test

    Yang terakhir ada KeyCDN Speed Test sebagai opsi website pengecekan kecepatan. Cara untuk mengecek lewat website ini kurang lebih sama seperti website yang lain.
    KeyCDN Speed Test menampilkan hasil analisis website dengan masalah apa saja yang perlu diperbaiki dari website. Anda juga dapat melihat kecepatan load pada file yang ada pada website.
    Penilaian yang diberikan dengan menggunakan kode HTTP. Kode yang menyatakan bahwa load website berhasil adalah 2xx dengan indikator warna hijau.
    Untuk melanjutkan pengecekan dalam jangka waktu yang lama, Anda perlu membayar. Namun, jangan khawatir karena akan ada 14 trial days free sebelum Anda memutuskan untuk berlangganan. 

Baca Juga  cara daftar zen rooms

Solusi untuk Speed Website yang Lambat

Setelah mengetahui cara mengecek speed website, akan lebih baik jika Anda juga tahu solusi untuk mengatasi kecepatan yang rendah. Yang paling pertama dan terpenting adalah mengambil langkah preventif dengan mengecek seluruh website secara menyeluruh. 

Pengecekan awal ini berguna untuk memastikan kecepatan website Anda berada pada rata-rata atau di atas rata-rata. Selain itu, perlu dipastikan juga bahwa server website berjalan dengan lancar. 

Server adalah otak dan bagian utama yang mengatur website karena itulah server harus bekerja dengan optimal terlebih dulu. Akan sangat fatal jika ternyata server memiliki performa yang buruk.

Pastikan juga bahwa penyimpanan data server tidak terlalu overload. Database yang terlalu besar akan membuat kinerja server menurun yang akan berdampak pada kecepatan load website. 

Hapus data-data yang sudah tidak diperlukan juga sampah-sampah dalam penyimpanan server. Ini bertujuan agar tidak terjadi penumpukan data yang tidak berguna dalam database. 

Kurangi gambar, video, dan audio dalam website jika ingin kecepatan website Anda meningkat. Biasanya gambar yang memiliki ukuran besar akan membutuhkan waktu lama untuk load yang akhirnya membuat pengunjung merasa bosan. 

Itu dia cara mengecek speed website dan apa pentingnya memiliki kecepatan website yang tinggi. Anda dapat mencoba cara mengecek speed website yang dituliskan untuk kepentingan website dan perusahaan Anda.

AboutShara Nurrahmi
Shara Nurrahmi Merupakan Content Spesialis dan Kontributor di Studiosmartapps, Berpengalaman di Bidang Penulisan Digital Marketing Termasuk ( SEO, SEM, SMM, dan juga Website).  dan juga Banyak Juga Menjadi Kontributor di Beberapa Media Penulisan Ternama di Indonesia.