Pengertian Cara dan Manfaat Memperbaiki Core Web Vitals

Ummi Cahyati Desember 25, 2022 0 Comments

Pengertian Core Web Vitals

Core Web Vitals adalah tiga ukuran kinerja situs web yang dianggap penting untuk pengalaman pengguna. Ini merupakan bagian dari inisiatif Google untuk meningkatkan kualitas web secara keseluruhan. Core Web Vitals merupakan faktor yang dipertimbangkan oleh Google dalam penentuan posisi situs web di halaman hasil pencarian (SERP). Oleh karena itu, memperbaiki kinerja Core Web Vitals dapat membantu meningkatkan posisi situs web di halaman hasil pencarian.

Selain itu, pengalaman pengguna yang baik dapat meningkatkan kemungkinan pengguna untuk mengambil tindakan yang diinginkan, seperti membeli produk atau mendaftar untuk layanan. Dengan memperbaiki Core Web Vitals, Anda dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan meningkatkan kemungkinan konversi.

Nilai Core Web Vitals yang baik juga dapat membantu meningkatkan reputasi situs web di mata pengguna dan mesin pencari. Situs web yang memiliki kinerja yang baik dianggap lebih terpercaya dan profesional.

Core Web Vitals terdiri dari tiga ukuran:

Jadi, memperbaiki kinerja Core Web Vitals dapat membantu meningkatkan posisi situs web di halaman hasil pencarian, meningkatkan kemungkinan konversi, dan meningkatkan reputasi situs web, yang semuanya dapat membantu meningkatkan SEO.

  1. Largest Contentful Paint (LCP): LCP mengukur seberapa cepat halaman web menampilkan konten yang terbesar di layar pengguna. Ini merupakan ukuran yang penting karena pengguna cenderung kehilangan keinginan untuk menunggu jika halaman web tidak segera muncul.
  2. First Input Delay (FID): FID mengukur seberapa cepat halaman web siap menerima interaksi pengguna setelah halaman tersebut dimuat. Ini merupakan ukuran yang penting karena pengguna cenderung kehilangan keinginan untuk menunggu jika halaman web tidak segera siap menerima interaksi.
  3. Cumulative Layout Shift (CLS): CLS mengukur seberapa sering elemen di halaman web bergeser secara tak terduga saat halaman tersebut dimuat. Ini merupakan ukuran yang penting karena elemen yang bergeser secara tak terduga dapat mengganggu pengalaman pengguna dan menyebabkan pengguna kehilangan kepercayaan pada situs web.
Baca Juga  JavaScript Seo Tidak Seo Friendly Mitos Atau Fakta?

Google menyarankan agar situs web memenuhi standar Core Web Vitals yang telah ditetapkan untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Core Web Vitals juga merupakan faktor yang akan dipertimbangkan oleh Google dalam penentuan posisi situs web di halaman hasil pencarian (SERP). Oleh karena itu, penting bagi situs web untuk memonitor dan memperbaiki kinerja Core Web Vitals jika diperlukan untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan posisi di halaman hasil pencarian.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan Core Web Vitals:

  1. Optimalkan kecepatan halaman web: Kecepatan halaman web merupakan faktor penting dalam menentukan nilai Core Web Vitals. Anda dapat menggunakan alat seperti PageSpeed Insights atau Lighthouse untuk mengetahui kecepatan halaman web Anda dan memberikan saran perbaikan yang dapat Anda lakukan.
  2. Optimalkan ukuran file: Ukuran file yang besar dapat mengurangi kecepatan halaman web dan mempengaruhi nilai Core Web Vitals. Anda dapat mengoptimalkan ukuran file dengan mengompresi gambar dan menghapus file yang tidak digunakan.
  3. Gunakan font atau icon yang tersedia secara online: Font atau icon yang diunduh dari situs web lain dapat mempercepat waktu muat halaman web. Jadi, pastikan untuk menggunakan font atau icon yang tersedia secara online untuk mengurangi waktu muat halaman web.
  4. Gunakan lazy loading untuk gambar dan video: Lazy loading adalah teknik yang memuat elemen halaman web hanya saat diperlukan. Ini dapat membantu mengurangi ukuran halaman web dan mempercepat waktu muat halaman web.
  5. Optimalkan struktur HTML: Struktur HTML yang terorganisir dengan baik dapat membantu mesin pencari mengindeks halaman web dengan lebih efisien dan mempercepat waktu muat halaman web.
  6. Gunakan cache browser: Cache browser dapat mempercepat waktu muat halaman web dengan menyimpan versi halaman web yang telah dimuat sebelumnya. Pastikan untuk mengaktifkan cache browser untuk meningkatkan nilai Core Web Vitals.
  7. Optimalkan sistem hosting: Sistem hosting yang cepat dan handal dapat membantu meningkatkan kecepatan halaman web dan nilai Core Web Vitals. Pastikan untuk memilih penyedia hosting yang terpercaya dan memiliki kecepatan yang baik.
Baca Juga  Apa Itu Anchor TXT dan Cara Penerapanya

Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dengan memperbaiki Core Web Vitals:

  1. Meningkatkan pengalaman pengguna: Core Web Vitals merupakan ukuran yang dianggap penting untuk pengalaman pengguna. Dengan memperbaiki Core Web Vitals, Anda dapat meningkatkan kecepatan halaman web dan mengurangi elemen yang bergeser secara tak terduga, sehingga membuat pengalaman pengguna lebih baik.
  2. Meningkatkan posisi di halaman hasil pencarian (SERP): Google menyatakan bahwa Core Web Vitals akan menjadi faktor yang dipertimbangkan dalam penentuan posisi situs web di halaman hasil pencarian. Jadi, dengan memperbaiki Core Web Vitals, Anda dapat meningkatkan posisi situs web Anda di halaman hasil pencarian.
  3. Meningkatkan konversi: Pengalaman pengguna yang baik dapat meningkatkan kemungkinan pengguna untuk mengambil tindakan yang diinginkan, seperti membeli produk atau mendaftar untuk layanan. Dengan memperbaiki Core Web Vitals, Anda dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan meningkatkan kemungkinan konversi.
  4. Meningkatkan reputasi situs web: Situs web yang memiliki kinerja yang baik dianggap lebih terpercaya dan profesional. Dengan memperbaiki Core Web Vitals, Anda dapat meningkatkan reputasi situs web Anda di mata pengguna dan mesin pencari.

Kesimpulan Core Web Vitals

Core Web Vitals adalah tiga ukuran kinerja situs web yang dianggap penting untuk pengalaman pengguna. Ini merupakan bagian dari inisiatif Google untuk meningkatkan kualitas web secara keseluruhan. Core Web Vitals terdiri dari Largest Contentful Paint (LCP), First Input Delay (FID), dan Cumulative Layout Shift (CLS).

Google menyarankan agar situs web memenuhi standar Core Web Vitals yang telah ditetapkan untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Core Web Vitals juga merupakan faktor yang akan dipertimbangkan oleh Google dalam penentuan posisi situs web di halaman hasil pencarian (SERP). Oleh karena itu, penting bagi situs web untuk memonitor dan memperbaiki kinerja Core Web Vitals jika diperlukan untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan posisi di halaman hasil pencarian.

Baca Juga  Update Google Terbaru Helpfull Content

Memperbaiki kinerja Core Web Vitals dapat membantu meningkatkan posisi situs web di halaman hasil pencarian, meningkatkan kemungkinan konversi, dan meningkatkan reputasi situs web, yang semuanya dapat membantu meningkatkan SEO.

AboutUmmi Cahyati
Ummi Cahyati Merupakan Content Spesialis dan Kontributor di Studiosmartapps, Berpengalaman di Bidang Penulisan Digital Marketing Termasuk ( SEO, SEM, SMM, dan juga Website).  dan juga Banyak Juga Menjadi Kontributor di Beberapa Media Penulisan Ternama di Indonesia.