Langkah Membangun Digital Agency

Shara Nurrahmi November 15, 2022 0 Comments

Panduan Serta Langkah Membangun Digital Agency Terbaik di Indonesia 

Di era modern ini, jasa dari digital agency dipastikan akan makin dibutuhkan oleh masyarakat. Terutama, orang-orang yang menggeluti suatu bisnis, baik start-up maupun usaha dalam skala besar.

Jika Anda memiliki passion di bidang ini, membangun sebuah agensi digital tentu bisa jadi sumber laba yang valuable. Namun, yang menjadi permasalahannya, bagaimana cara membangun agensi digital? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak ulasan berikut ini sampai tuntas!

Apa Itu Digital Agency?

Digital agency merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengelolaan ataupun personalisasi sosial media. Biasanya, perusahaan lain menggunakan jasanya untuk meningkatkan konversi penjualan.

Namun, beberapa perusahaan juga mengharapkan keuntungan lain dari menyewa jasa orang-orang di agensi ini. Misalnya, ingin menjangkau segmen pasar yang lebih luas, meningkatkan branding, hingga menekan biaya marketing dan advertising

Selain itu, perusahaan jasa ini juga kerap dibutuhkan klien yang ingin bisnisnya berjalan lebih efektif dan terstruktur. Intinya, jasa dari agensi ini dibutuhkan untuk menuntun bisnis sebuah perusahaan agar bisa mencapai puncak kejayaan. 

Pentingnya Bisnis Digital Agency di Era Modern

Sebagaimana telah diketahui, terdapat banyak sekali harapan yang diinginkan masyarakat dari menyewa jasa agensi digital. Dari itu, Anda tentu bisa melihat berapa besar potensi bisnis ini bakal maju dan sukses kedepannya. 

Untuk diketahui, histori beberapa tahun lalu menginformasikan bahwa sebanyak 34% pebisnis belum paham cara menggunakan internet. Kemudian, sebesar 23,8% pengusaha tidak tau strategi marketing yang pas diterapkan saat berjualan secara online.

Dari data tersebut juga ditemukan bahwa hanya 5% pengusaha yang sukses berniaga dengan teknik digital marketing. Artinya, masih banyak kalangan pengusaha yang pasti membutuhkan jasa digital agency untuk mencapai kesuksesannya.

Jadi, membuka agensi yang bergerak di bidang personalisasi pemasaran digital ini dipastikan akan memberikan ladang cuan. Sebab, bisnis ini sangat penting dikembangkan di masa sekarang.

10 Langkah Membangun Digital Agency Terbaik 

Jika tertarik membangun bisnis ini tetapi bingung bagaimana memulainya,  di bawah terdapat informasi yang akan membantu Anda. Pastikan untuk menyimak sepuluh langkah membangun digital agency berikut hingga usai, ya.

  1. Tentukan Layanan yang Ditawarkan

    Saat berniat membangun agensi digital, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan layanan. Jika Anda telah mengenal karakteristik agensi ini, tentu tahu bahwa ada banyak sekali layanan yang kerap ditawarkannya.
    Beberapa di antara jasa yang paling sering dibutuhkan masyarakat adalah pembuatan website, optimasi SEO, dan social media marketing. Tidak sedikit juga masyarakat yang membutuhkan layanan berupa pembuatan aplikasi, logo ataupun desain grafis, hingga content marketing
    Selain itu, masih banyak layanan lain yang kerap ditawarkan agensi ini. Jika Anda ingin membangun agensi yang memiliki segmen pasar sangat luas, menawarkan banyak layanan  tentu jadi hal krusial. 
    Namun, hal tersebut mungkin tidak akan menggaet banyak konsumen sebab agensi Anda tergolong baru dan belum diketahui keunggulannya. Untuk memperkenalkan identitas agensi, Anda bisa menawarkan satu sampai tiga jasa yang saling berkaitan terlebih dulu. Misalnya, menawarkan pembuatan website, optimasi SEO, dan content marketing.

  2. Tetapkan Niche Spesifik sebagai Segmentasi Pasar 

    Serupa dengan menentukan layanan, Anda juga harus menetapkan niche pasar yang spesifik. Misalnya, Anda bisa memilih target market dari kalangan pengusaha food and beverage, pebisnis kosmetik, atau atau pemilik UMKM.
    Dengan menentukan salah satu dari industri tersebut, pemasaran bisa dilakukan dengan fokus pada target market saja. Jadi, peluang mendapatkan konsumen secara cepat bisa lebih besar dibandingkan menyasar pasar yang luas.
    Namun, penting Anda ingat bahwa menentukan niche spesifik sebagai segmentasi pasar ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Diperlukan riset yang serius dan Anda harus melakukan uji coba pada niche tersebut sebelum benar-benar memilihnya.
    Jadi, penting untuk sabar dan selalu siap mengubah niche jika dalam waktu tertentu target pasar tidak tersasar.

  3. Terapkan Model Bisnis yang Jelas

    Langkah selanjutnya untuk membangun digital agency terbaik adalah menerapkan model bisnis yang jelas. Maksudnya, Anda harus menentukan sistem pemesanan jasa dari agensi yang dikelola.
    Untuk diketahui, ada beberapa sistem bisnis yang kerap dipilih para pemilik agensi dan bisa dijadikan pertimbangan oleh Anda. Di antaranya adalah pemesanan dengan harga pas, yaitu saat Anda menetapkan nominal tertentu untuk tiap-tiap jasa yang dipesan.
    Lalu, ada juga agensi yang menawarkan sistem fee per hari/minggu/bulan. Jika sistem pertama ditentukan oleh agensi sendiri, model bisnis harus disepakati pihak klien juga.  

  4. Terapkan USP (Unique Selling Point)

    Guna menarik minat konsumen, Anda harus memikirkan suatu keuntungan yang diharapkan target pasar tersebut. Misalnya, hampir semua klien membutuhkan jasa agensi yang mampu melaksanakan tanggung jawabnya sesuai harapan. 
    Oleh karena itu, Anda bisa menawarkan USP seperti ekstra layanan. Selain itu, masih banyak hal menarik yang bersifat menjual dan bisa diterapkan pada bisnis agensi digital Anda.
    Di antaranya, quick response, free konsultasi, layanan terbuka 24 jam, potongan harga untuk pemesanan pertama, dan lain sebagainya. Jika USP tadi dirasa biasa, Anda bisa pikirkan hal menarik dan menguntungkan konsumen yang tidak ada di agensi lain. 

  5. Siapkan Website & Akun Sosial Media untuk Meningkatkan Kredibilitas

    Kredibilitas suatu perusahaan menjadi salah satu faktor yang cukup menentukan banyak tidaknya pelanggan. Untuk itu, pastikan Anda membangun situs web yang berisi profil perusahaan hingga portofolio.
    Dengan begitu, calon konsumen bisa sedikit mengenal perusahaan tanpa perlu bertanya terlebih dulu. Dari situ, pikiran pengunjung situs web juga mungkin terpengaruh sehingga tertarik menggunakan jasa agensi Anda.
    Supaya peluang tersebut tidak hilang begitu saja, jangan lupa untuk menerapkan kontak yang bisa dihubungi klien. Mulai dari e-mail, nomor telepon, akun sosial media, dan lain-lain. 
    Selain itu, pastikan antarmuka situs web benar-benar mudah dipahami pengunjung sehingga potensi menarik minatnya cukup besar. Bila ada, Anda juga bisa menyematkan pencapaian yang sudah diraih agensi atau orang-orang di dalamnya guna meningkatkan kredibilitas perusahaan.

  6. Bangun Tim yang Berkompeten

    Sebagai informasi, membangun tim berkompeten sebetulnya bisa dilakukan bersamaan dengan langkah-langkah sebelumnya. Sebab, bagaimana sebuah tim bekerja akan sangat berpengaruh pada pandangan klien terhadap perusahaan.
    Jadi, meskipun ditempatkan di poin keenam, langkah ini sebaiknya dilakukan selama agensi berjalan. Mulai dari pembentukan hingga agensi sukses dan makin maju serta berkembang.

  7. Susun Strategi Marketing 

    Jika beberapa poin sebelumnya telah benar-benar matang, tim di agensi bisa fokus untuk menyusun strategi marketing. Mengenai ini, Anda tentu lebih paham bagaimana cara menerapkan strategi pemasaran yang jitu untuk menaikkan konversi penjualan jasa.
    Selain itu, Anda juga bisa membangun branding dengan teknik yang mungkin akan diterapkan pada saat melayani konsumen nanti. Anggap saja, langkah ini adalah pemanasan untuk tim di digital agency sebelum benar-benar melayani klien sebenarnya.
    Langkah ini juga bisa jadi tahap untuk mengevaluasi performa teknik pemasaran dari agensi. Jika pada marketing bisnis milik sendiri manjur,teknik tersebut dipastikan efektif untuk membantu usaha klien.

  8. Buat Content Marketing 

    Membuat content marketing merupakan salah satu bagian dari digital marketing. Bagian cukup menentukan bagaimana nasib bisnis yang dijalankan ke depannya.
    Jika Anda rajin membuat content marketing, peluang usaha dikenal masyarakat tentu akan lebih besar. Namun sayangnya, rata-rata tim digitalagency melupakan hal ini dan fokus pada teknik lain untuk mendapatkan klien pertama dengan cepat.
    Jika memang kesulitan untuk membuat content marketing karena terlalu sibuk, Anda bisa menerapkan cara di poin berikutnya. 

  9. Gunakan Jasa Freelancer

    Dibandingkan merekrut pekerja tetap, tugas konten marketing sebaiknya diserahkan pada freelancer. Sebab, sistem pembayarannya bisa lebih diatur dan tidak menjadikan pengeluaran perusahaan membengkak.
    Jika bertanya jenis freelancer apa yang sebaiknya digunakan, Anda bisa memilih sesuai kebutuhan. Misalnya, jika butuh penulis untuk situs web, gunakan content writer ataupun copywriter.
    Saat ingin promosi lewat e-mail, cari freelancer yang ahli di bidang tersebut. Begitu juga jika Anda membutuhkan konten iklan video, gambar, atau lain sebagainya, cari freelancer bidang tersebut.

  10. Manfaatkan Freelance Spesialis di Bidang Digital Marketing

    Jika sudah mulai kewalahan dengan sistem pemasaran yang Anda lakukan, spesialis digital marketing bisa diandalkan. Carilah freelancer yang sudah dikenal ahli dalam bidang pemasaran digital dan pesan jasanya untuk memasarkan bisnis Online.
    Di sisi lain, Anda juga bisa mengajaknya berdiskusi dan mengetahui apa kekurangan dari teknik pemasaran yang diterapkan sebelumnya. Pada waktu tersebut, Anda juga bisa mencoba untuk mengetahui apa yang membuat teknik spesialis tersebut jitu untuk pemasaran digital.
    Jadi, double profit bisa didapatkan sekaligus jika menggunakan langkah poin ini. Namun, budget yang cukup tinggi mungkin harus Anda keluarkan untuk ini. 

Baca Juga  peluang usaha franchise bakmi

Siap Membangun Digital Agency yang Sukses?

Nah, itulah sepuluh langkah yang bisa diterapkan jika Anda ingin membangun digital agency. Bagaimana, merasa sulit atau sebaliknya?

Jika merasa sulit, itu sangat wajar sebab semua perlu proses panjang untuk mencapai titik sukses. Jadi, Anda hanya perlu bersiap untuk semua hal yang mungkin terjadi dalam proses membangun agensi ini. Nah, pertanyaannya, siapkah Anda membangun agensi digital terbaik setelah mengetahui langkah-langkah tadi?

AboutShara Nurrahmi
Shara Nurrahmi Merupakan Content Spesialis dan Kontributor di Studiosmartapps, Berpengalaman di Bidang Penulisan Digital Marketing Termasuk ( SEO, SEM, SMM, dan juga Website).  dan juga Banyak Juga Menjadi Kontributor di Beberapa Media Penulisan Ternama di Indonesia.